Peranan Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Guru Dalam Mencegah Perilaku Seks Pranikah Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Modoinding

Authors

  • Lidya T. Otta
  • Max Rembang
  • Stefi H. Harilama

Abstract

Peran komunikasi interpersonal orang tua dan guru dalam mencegah perilaku seks pranikah siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Modoinding. Masalah yang timbul akibat perilaku seks pranikah ini semakin merengak di kalangan remaja khususnya di SMK Negeri 1 Modoinding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dan guru dalam mencegah perilaku seks pranikah di kalangan remaja khususnya di SMK Negeri 1 Modoinding.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yaitu mendeskripsikan serta menganalisis data yang telah diperoleh dan selanjutnya dijabarkan dalam bentuk penjelasan sebenarnya.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang meliputi keterbukaan, empati, dukungan, dan sikap positif berjalan baik dan efektif. Orang tua dan guru juga memberikan pemahaman agama dan juga tentang seks melalui komunikasi interpersonal terhadap anak agar terhindar dari perilaku seks pranikah. Sesuai dengan hasil wawancara di lapangan, bahwa komunikasi interpersonal orang tua dan guru sangat berperan dalam mencegah perilaku seks pranikah. Diharapkan agar orang tua harus lebih bisa mendorong anak untuk menyampaikan isi hatinya agar bisa jujur dan terbuka sehingga tercipta komunikasi yang relevan.

Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Perilaku seks, Orang tua, Guru, dan siswa.

Downloads

Published

2018-06-07

How to Cite

Otta, L. T., Rembang, M., & Harilama, S. H. (2018). Peranan Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Guru Dalam Mencegah Perilaku Seks Pranikah Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Modoinding. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/19683

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>