PERANAN KOMUNIKASI PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT (STUDI PADA PEMERINTAH KELURAHAN BENGKOL KECAMATAN MAPANGET)

Authors

  • Adjeng Putri Koapaha
  • Desie Warouw
  • Max Rembang

Abstract

Penelitian ini dengan judul peranan komunikasi pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, mengambil lokasi penelitian di kelurahan bengkol kecamatan Mapanget Kota Manado, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif mendapatkan hasil penelitian bahwa : Peranan komunikasi pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di kelurahan bengkol kecamatan mapanget kota Manado belum terlalu baik, hal ini dikarenakan pemerintah belum memanfaatkan secara optimal proses dan bentuk komunikasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat umum. Sehingga seringkali masih terkesan lambat dalam pelayanan administrasi.Proses pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat belum terlalu optimal, dikarenakan pegawai pemerintahan masih kurang komunikatif dan cenderung lambat dalam memberikan informasi tentang syarat serta prosedur dalam pengurusan administrasi, sementara masyarakat masih banyak yang belum mengatahui secara baik tentang syarat dan prosedur tersebut.Bentuk komunikasi pemerintah kelurahan bengkol dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat adalah masih lebih banyak menggunakan pendekatan komunikasi interpersonal, yaitu dengan memberikan informasi langsung kepada masyarakat antara lain syarat dan prosedur pengurusan administrasi di kelurahan.Bentuk komunikasi kelompok melalui organisasi kemasyarakatan, LSM dan moment hari raya besar umat beragama digunakan juga oleh pemerintah kelurahan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang syarat dan prosedur pengurusan administrasi.Saluran atau media yang digunakan oleh pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, masih terbatas pada informasi secara langsung bertatap muka, kemudian melalui baliho yang ada di kelurahan, disamping itu juga sudah ada beberapa pemerintan kelurahan yang memanfaatkan media sosial pribadi mereka untuk memberikan informasi kepada masyarakat umum. Pemerintah kelurahan bengkol belum memanfaatkan website desa, media sosial kelurahan serta belum memperbanyak saluran informasi seperti baliho yang ditempatkan di tempat strategis dalam memberikan informasi tentang pelayanan administrasi kepada masyarakat.
kata kunci : Peranan, Komunikasi Pemerintah, Pelayanan, Masyarakat,

Downloads

How to Cite

Koapaha, A. P., Warouw, D., & Rembang, M. (2018). PERANAN KOMUNIKASI PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT (STUDI PADA PEMERINTAH KELURAHAN BENGKOL KECAMATAN MAPANGET). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/19968

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>