FUNGSI KELUARGA DALAM MENCEGAH PERNIKAHAN USIA DINI SEBAGAI UPAYA MENEKAN TINGKAT FERTILITAS DI KOTA MANADO

Authors

  • Grace J. Waleleng
  • Brigitte Inez Maitimo

Abstract

Masalah pernikahan anak di usia dini merupakan masalah yang serius. Selain karena anak adalah asset bangsa yang seharusnya mendapatkan pendidikan yang cukup sehingga nantinya bisa bekerja, punya bekal untuk hari depannya dan dapat hidup mandiri. Akan tetapi lebih daripada itu pernikahan anak usia dini sangat beresiko bagi pernikahan yang tidak diinginkan karena hamil diluar nikah, hubungan seksual yang dipaksakan, kehamilan diusia yang sangat muda, beresiko penularan HIV dan penyakit menular seksual lainnya, dan kanker leher rahim.
Kesibukan orang tua karena bekerja menyebabkan anak usia dini menjadi kurang perhatian, padahal pada umur usia dini anak harus mendapatkan perhatian, cita kasih, bimbingan, pembinaan agar tidak salah dalam mengambil langkah dan keputusan. Orang tua yang sibuk bekerja menyebabkan fungsi dan perannya akan digantikan oleh lingkungan. Dengan siapa anak usia dini bergaul akan mempengaruhi perilakunya. Apa yang diterimanya lewat media sosial atau internet menjadi referensi baginya untuk bertindak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 8 Fungsi Keluarga sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan keluarga terutama bagi anak remaja. Fungsi Keagamaan, Fungsi Cinta Kasih dan Fungsi Sosialisasi dan Pendidikan lebih dominan diterapkan orang tua dalam mengarahkan anak remajanya agar tidak terjadi pernikahan dini. Komunikasi antarpribadi antara orang tua dan anak remaja lewat keterbukaan, kepercayaan dan empati akan membuat hubungan menjadi harmonis. Kontrol orang tua terhadap aktivitas anak sangat diperlukan sebagai bentuk upaya pencegahan perilaku pergaulan bebas pada anak remaja. Tingkat fertilitas penduduk dapat ditekan bila anak menikah pada usia yang sudah matang.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi BKKBN dalam penyusunan kebijakan dan memecahkan masalah kependudukan dan strategi program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kota Manado. Penelitian ini juga dapat menjadi referensi bagi keluarga-keluarga dan anak usia dini dalam upaya mencegah terjadinya pernikahan di usia dini.
Kata Kunci: Fungsi Keluarga, Pernikahan Usia Dini, Fertilitas

Downloads

How to Cite

Waleleng, G. J., & Maitimo, B. I. (2018). FUNGSI KELUARGA DALAM MENCEGAH PERNIKAHAN USIA DINI SEBAGAI UPAYA MENEKAN TINGKAT FERTILITAS DI KOTA MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/22011

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>