PERANAN PUSTAKAWAN DALAM MEREALISASIKAN SASARAN KERJA PEGAWAI SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI SULAWESI UTARA

Authors

  • Thedy Waelaruno
  • Yuriwati Pasoreh
  • Rejune Lessnusa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pustakawan dalam merealisasikan sasaran kerja pegawai di badan perpustakaan dan kearsipan provinsi Sulawesi utara. Yang diukur dengan indicator target skp, realisasi skp, periaku kerja, dan kemampuan pustakawan. Jenis penelitian yang digunakan adala kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pustakawan yang berjumlah 5 (lima) oaring.
Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan penetapan target kerja tidak dapat terealisasikan dengan baik karena pustakawan dalam menyelesaikan pekerjaan disesuaikan kemampuannya bukan target. Realisasikan tugas skp selama setahun dilakukan berdasarkan tupoksi kerja yang ditetapkan khususnya dalam memenuhi capaian angka kredit kenaikan pangkat sesuai dengan ketentuan peraturan. Kemampuan pustakawan dalam bekerja belum maksimal. Dikarenakan sebagian besar pustakawan dalam menyelesaikan pekerjaannya membutuhkan waktu yang cukup lama dan dipengaruhi oleh factor usia, khususnya pustakawan di bagian pengolahan dan pelayanan.
Perilaku kerja pustakawan saat bekerja selalu bersikap baik dan bertanggungjawab dalam menjalankan kewajiban sebagai aparatur sipil negara. Kendala-kendala yang sering ditemui adalah kurangnya SDM khususnya berlatar belakang pendidikan perpustakaan dan minimnya pengetahuan pustakawan tentang penggunaan teknologi sebagai alat bantu penyelesaian pekerjaan. Pustakawan cukup puas dengan capaian hasil kerja yang ada, walaupun dalam realisasinya ditemukan berbagai kendala.
Dengan demikan saran yang diajukan antara lain, perlu adanya evaluasi pelaksanaan penetapan target kerja oleh pimpinan, diharapkan adanya pengawasan langsung oleh pimpinan dalam realisasi SKP, diharapkan adanya rekrutmen pegawai yang berlatar belakang pendidikan perpustakaan, serta perlu adanya pengembangan kemampuan atau skill tentang penguasaan IPTEK.
Kata Kunci : Pengaruh jabatan Fungsional dan sasaran kerja pegawai

Downloads

How to Cite

Waelaruno, T., Pasoreh, Y., & Lessnusa, R. (2018). PERANAN PUSTAKAWAN DALAM MEREALISASIKAN SASARAN KERJA PEGAWAI SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI SULAWESI UTARA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/22021

Issue

Section

Articles