IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMUSTAKA (Studi Pada Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Halmahera Utara)

Authors

  • Niklas Hayati
  • Nolly S. Londa
  • Ridwan Paputungan

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini khususnya di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Halmahera Utara belum dikelola secara baik dan benar sesuai dengan ilmu manajemen perpustakaan, Pengawasan dari pimpinan perpustakaan belum optimal, Penulis juga melihat pembinaan terhadap koleksi belum maksimal, baik itu susunan koleksi, maupun subjek yang dibahas tidak sesuai yang dicamtumkan serta Keberadaan perpustakaan belum ditunjang aspek-aspek bersifat teknis yang sangat dibutuhkan oleh perpustakaan seperti gedung yang digunakan kurang baik untuk mendukung kegiatan di perpustakaan (satu lantai). Melalui uraian dari latar belakang maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Bagaimana Implementasi Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Jumlah Pemustaka†dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu : Untuk mengetahui Implementasi Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Jumlah Pemustaka. Objek penelitian adalah Kepemimpinan, Perencanaan (planning), Pengorganisasian (organizing), Penggerakan (actuating), Pengawasan (controling), Pengisian jabatan (staffing), Pemberdayaan (empowering), Memotivasi (motivating), Fasilitas (Facilitating). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yang terdiri dari pimpinan dan pemustaka. Hasil penelitian yang dicapai yaitu : 1. Kepemimpinan : kepemimpinan yang diterapkan bersifat situasional. 2. Perencanaan (planning) : fungsi perencanaanyang dilakukan oleh pimpinan cukup baik. 3. Pengorganisasian (organizing) : fungsi pengorganisasian yang dilakukan Pimpinan atau pun sataf cukup baik. 4. Penggerakan (actuating) : responden menyatakan kebijakan pemimpin untuk menggerahkan staf adalah kurang baik. 5. Pengawasan (controling) : pimpinan kadang-kadang melakukan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan kerja di Dinas Kearsipan dan perpustakaan daerah Kabupaten Halmahera Utara. 6. Pengisian jabatan (staffing) : pengisian jabatan yang dilakukan oleh pimpinan adalah kurang baik. 7. Pemberdayaan (empowering) : pimpinan kadang-kadang melakukan pemberdayaan di perpustakaan. 8. Memotivasi (motivating) : pimpinan perpustakaan kadang-kadang memotivasi staf. 9. Fasilitas (Facilitating) : fasilitas yang ada di Dinas Kearsipan dan perpustakaan daerah Kabupaten Halmahera Utara tidak memadai.
Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Perpustakaan, Jumlah Pemustaka

Downloads

Published

2019-07-04

How to Cite

Hayati, N., Londa, N. S., & Paputungan, R. (2019). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMUSTAKA (Studi Pada Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Halmahera Utara). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/23332

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>