PERANAN KOMUNIKASI KESEHATAN DI KELURAHAN BAHU KECAMATAN MALALAYANG (Studi Tentang Sosialisasi GERMAS Oleh Dinas Kesehatan Manado)

Authors

  • NOVIYANTI BR. SEMBIRING
  • Johny J. Senduk
  • Herry Mulyono

Abstract

Program GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat) merupakan salah satu program pemerintah yang dikeluarkan oleh Presiden Republik Indonesia pada tahun 2017, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan yaitu : 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur, dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin. Namun yang terjadi di lapangan adalah, masih banyaknya masyarakat yang belum mengetahui akan program GERMAS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peranan komunikasi kesehatan di Kelurahan Bahu, Kecamatan Malalayang tentang sosialisasi GERMAS oleh Dinas Kesehatan Manado. Teori peran oleh Robert Linton tahun 1936-an dimana menggambarkan teori peran sebagai interaksi sosial dalam terminologi aktor-aktor yang bermain sesuai dengan apa-apa yang ditetapkan oleh budaya. Teori menjelaskan bahwa seseorang diharapkan agar berperilaku sesuai dengan peran atau kedudukannya di lingkup masyarakat. Setelah melakukan penelitian, maka dapat diketahui bahwa sosialisasi yang telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Manado di Kelurahan Bahu, belum mencapai harapan daripada pemerintah. Terlihat dari masih banyaknya masyarakat bahu yang belum mengetahui program tersebut. Hasil penelitian membuktikan : (1). Bahwa kegiatan sosialisasi yang diadakan di kantor Kelurahan hanya diadakan dalam kurun waktu setahun sekali. (2). Bahwa kegiatan sosialisasi juga diadakan ketika kegiatan posyandu anak berlangsung, dan ada juga beberapa lingkungan yang mengadakan senam pagi bersama. (3). Bahwa sebagian besar masyarakat hanya sekedar mengetahui program GERMAS. (4). Bahwa Dinkes tidak melakukan survei kembali apakah masyarakat telah memahami program GERMAS. (5). Bahwa masyarakat banyak yang mengusulkan kegaitan sosialisasi GERMAS dilakukan di Kelurahan Bahu. (6). Bahwa masyarakat berpendapat bahwa program GERMAS ini sangat berguna bagi kehidupan manusia.
Kata Kunci : Komunikasi Kesehatan; Sosialisasi; GERMAS

Downloads

Published

2019-07-04

How to Cite

SEMBIRING, N. B., Senduk, J. J., & Mulyono, H. (2019). PERANAN KOMUNIKASI KESEHATAN DI KELURAHAN BAHU KECAMATAN MALALAYANG (Studi Tentang Sosialisasi GERMAS Oleh Dinas Kesehatan Manado). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/23333

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)