PERANAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADIPENGEMUDI TAXI ONLINE DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PADA PENUMPANG (STUDI KASUS PADA PT GOJEK CABANG MANADO)

Authors

  • Muhammad Iqbal Alamri
  • Elfie Mingkid
  • Lingkan Tulung

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah berkaitan dengan bagaimana peranan komunikasi antar pribadi pengemudi taxi online dalam memberikan pelayanan pada penumpang (Studi Kasus Pada Pt. Gojek Cabang Manado), metode penelitian adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara langsung. Sebagai landasan teori dalam penelitian ini, adalah teori penetrasi social oleh Irwin Altman dan Dalmas Taylor (1973), mendapatkan hasil penelitian bahwa :Unsur keterbukaan diri dalam komunikasi antar pribadi antara pengumudi taxi online Gocar denganpenumpang tidak terjadi secara mendalam, hal ini disebabkan karena kedua individu tersebut belum saling mengenal satu dengan yang lain. Komunikasi antarpribadi yang terjadi antara pengemudi taxi online gocar dengan penumpang, cenderung belum terlalu aktif, penyebabnya tergantung dari jarak tempuh atau tujuan yang dicapai. Kemudian juga perbincangan terjadi hanya pada materi pertanyaan yang bersifat umum dan wajar saja, hanya berkaitan dengan asal individu, baik pengemudi maupun penumpang, serta pekerjaan utama, dan berkembang pada pengalaman selama berprofesi sebagai sopir taxi online. Belum semua sopir online memiliki sikap kerahmahan ketika berkomunikasi dengan penumpang, masih banyak yang belum mengetahui cara memberikan kesan ramah kepada penumpang. Hal ini disebabkan ketika mereka masuk dalam profesi sopir taxi online tersebut, belum ada training atau pelatihan dari perusahaan jasa transportasi online tentang bagaimana berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik, sopan dan ramah dengan penumpang. Komunikasi antarpribadi pengemudi online dengan penumpang relative menunjukkan keakraban akan terjadi apabila satu diantaranya tidak memulai percakapan lebih dahulu, dan juga tergantung dari karakter masing-masing penumpang yang menggunakan taxi online, bila penumpang suka atau merespons perbincangan dari sopir, otomatis situasi komunikasi dengan keakraban dapat terjadi. Komunikasi yang terjadi antara pengemudi taxi online Gocar dengan penumpang dapat diakatakan cukup baik, diantara keduanya terjadi interaksi komunikasi dalam proses pemesanan taxi, biasanya terlebih dahulu terjadi konfirmasi pesanan atau orderan dari pengemudi melalui hanphone atau pesan aplikasi, kemudian komunikasi selanjutnya terjadi dalam situasi perjalanan mencapai tujuan.
Kata Kunci :Peranan Komunikasi, Antarpribadi, Online

Downloads

Published

2019-07-04

How to Cite

Alamri, M. I., Mingkid, E., & Tulung, L. (2019). PERANAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADIPENGEMUDI TAXI ONLINE DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PADA PENUMPANG (STUDI KASUS PADA PT GOJEK CABANG MANADO). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/23346

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>