PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. TASPEN (PERSERO) CABANG MANADO

Authors

  • Christine Chely Karundeng

Abstract

Penelitian ini didasari pada pemikiran bahwa,setiap organisasi baik pemerintah/swasta memiliki tujuan yang akan dicapai. Dimana kerja sama pemimpin dan orang yang dipimpin dapat melakasanakan tugas maupun fungsi –fungsi dalam sturktur dilingkungan organisasi yang ada. Manajemen Sumber Daya manusia memerlukan komunikasi yang terbuka serta hubungan dalam batas-batas,wewenang dan tanggung jawab masing-masing karyawan yang ada. Sehingga Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kinerja karyawan akan memberikan tujuan dan manfaat bagi kepentingan organisasi.

Kegiatan ini diselenggarakan pada PT Taspen Manado,dengan tujuan untuk mengetahui mempengaruhi Iklim organisasi terhadap kinerja karyawan. Selain itu penelitian ini diharapkan menjadi masukan kepada pimpinan dan karyawan PT Taspen Manado dan merupakan sumbangan dalam memecahkan masalah.

Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner /wawancara, observasi dan studi dokumen, dan untuk analisis data mengunakan metode kuantitaf.

Hasil penelitian ini untuk menjawab hipotesis; terdapat hubungan yang signifikan, Pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja karyawan dengan daya penentu menunjukkan 0,6561% yang bermakna bahwa peningkatan atau menurunnya kinerja karyawan tergantung pada iklim organisasi. Koefisien determinasi yang bernilai cukup kuat 0,8205%, sisanya sebesar 17,95 % faktor lain. Hasil Uji t didapat ; thit 11,70 ≥ t tab0,95 = 1,68 Dengan demikian korelasi atau faktor-faktor yang mempengaruhi iklim organisasi terhadap kinerja karyawan adalah signifikan pada taraf kepercayaan 95%.

Keywords : Iklim Organisasi, Kinerja Karyawan

Downloads

Published

2013-08-16

How to Cite

Karundeng, C. C. (2013). PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. TASPEN (PERSERO) CABANG MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/2433

Issue

Section

Articles