PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP PRODUKTIFITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL, Tbk MANADO

Authors

  • Christine Lydia Sumampouw

Abstract

Kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang atau barang langsung maupun tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang telah diberikan kepada perusahaan. Kompensasi terbagi 2 yaitu Kompensasi Finansial dan Kompensasi Non Finansial. Kompensasi Finansial terdiri atas Kompensasi Langsung (gaji, upah, insentif, bonus) dan kompensasi tidak langsung. (Tunjangan, Asuransi Pesangon, Sekolah Anak, cuti Sakit). Kompensasi non finansial dibagi menjadi dua macam yaitu yang berhubungan dengan pekerjaan dan yang berhubungan dengan lingkungan kerja. Namun yang menjadi Variabel utama dalam penelitian ini adalah Kompensasi Finansial (X) Produktifitas kerja karyawan (Y).

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sejauh mana dan seberapa besar pengaruh dan hubungan Kompensasi terhadap produktifitas kerja karyawan pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk, ManadoPenelitian ini bersifat penelitian deskriptif Kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan korelasi Spearman Rank, untuk menguji signifikansi hubungan antar variabel serta untuk mengukur besarnya pengaruh yang terjadi pada variabel Kompensasi dan Variabel Produktifitas Kerja Karyawan. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan Spearman Rank, yaitu melalui pengujian dengan menggunakan rumus Ï di dapat bahwa hasilnya Ïhitung ternyata lebih besar dari pada ttabel, yaitu Dengan hasil 0,772 bila di interpretasikan dengan tabel spearman berada dalam klasifikasi Hubungan yang Kuat. Menyangkut kuat besaran koefisien determinasi / derajat penentu (KP) yang diperoleh sebesar 59,6% hal ini menyatakan bahwa 59,6% produktifitas kerja karyawan dipengaruhi oleh faktor kompensasi, dan 40,4% ditentukan oleh faktor-faktor lainnya.

Dengan adanya hasil ini berarti ada kompensasi memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap produtifitas kerja karyawan PT. Bank Tabungan Nasional Manado.

Kata Kunci : Kompensasi, Kompensasi Finansial, Produktifitas Kerja Karyawan

Downloads

Published

2013-08-16

How to Cite

Sumampouw, C. L. (2013). PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP PRODUKTIFITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL, Tbk MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/2436

Issue

Section

Articles