Pentingnya pendidikan pemakai bagi mahasiswa dalam pemanfaatan koleksi referens di UPT perpustakaan Universitas Sam Ratulangi.

Authors

  • Joksan Hendra Tolabity
  • Anthonius Golung
  • Sri Thaib

Abstract

Pendidikan merupakan sarana pembinaan kepribadian yang efektif bagi setiap individu yang secara umum bertujuan untuk membina kepribadian manusia yang sempurna. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya pendidikan pemakai bagi mahasiswa dalam pemanfaatan koleksi referens di UPT perpustakaan Unsrat.
Dalam Bahasa Indonesia “perpustakaan†dibentuk dari kata dasar “pustaka†dengan di tambah awalan “per†dan akhiran “anâ€. Perpustakaan dalam bahasa asing seperti dalam bahasa inggris dikenal dengan library. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk melakukan analisis hanya sampai pada taraf deskriptif yaitu dengan menganalisa dan menyajikan fakta secara sistematis. sehingga mudah dipahami dan disimpulkan.Metode ini hanya digunakan dalam penelitian sosial karena hanya kebanyakan ilmu sosial itu hanya bersifat deskriptifer atau libri artinya buku.
Hal ini juga banyak terjadi di UPT Perpustakaan Unsrat dimana melalui pra survey yang dilakukan penulis banyak mahasiswa yang mencari informasi pada koleksi referns memerlukan waktu yang lama dan juga sering tidak menemukan informasi yang dicari, hal ini diduga disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mahasiswa tentang isi dan susunan masing-masing koleksi refens serta tidak mengetahui cara penelusurannya.

Kata Kunci : Pentingnya pendidikan pemakai.

Downloads

Published

2019-09-24

How to Cite

Tolabity, J. H., Golung, A., & Thaib, S. (2019). Pentingnya pendidikan pemakai bagi mahasiswa dalam pemanfaatan koleksi referens di UPT perpustakaan Universitas Sam Ratulangi. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/25079

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)