PERAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TENAGA PERPUSTAKAAN DALAM PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS HEIN NAMOTEMO

Authors

  • Lusti Chandra Manangkalangi
  • Anthonius M. Golung
  • Meity D. Himpong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui peran latar belakang pendidikan tenaga perpustakaan dalam pengolahan bahan pustaka di perpustakaan Universitas Hein Namotemo. Pengolahan bahan pustaka merupakaan salah satu kegiatan inti yang dilakukan oleh tenaga perpustakaan dari bahan pustaka masuk di perpustakaan sampai disusun pada jajaran koleksi, oleh karena itu dibutuhkan tenaga perpustakaan yang memiliki latar belakang pendidikan ilmu perpustakan juga memiliki kemampuan dibidang perpustakaan agar pengolahan yang dilakukan sesuai dengan standar pengolahan bahan pustaka. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran latar belakang pendidikan tenaga perpustakaan sangat berperan penting dalam dunia kerja khususnya di perpusakaan. Kegiatan pengolahan bahan pustaka di perpustakaan Universitas Hein Namotemo sudah mengunakan OPAC (Online Public Access Catalog) dengan aplikasi SLIMS (Senayan Library Management System) dan mengklasifikasi bahan pustaka mengunakan pedoman DDC (Dewey Decimal Classification) namun proses pengolahan bahan pustaka yang dilakukan masih terdapat kesalahan yaitu dalam menentukan tajuk entri, menganalisis subjek, dan mengklasifikasikan bahan pustaka, karena tenaga perpustakaan Universitas Hein Namotemo tidak memiliki latar belakang pendidikan dibidang ilmu perpustakaan.

Kata Kunci: Latar Belakang Pendidikan Tenaga Perpustakaan, Pengolahan Bahan Pustaka

Downloads

Published

2019-09-24

How to Cite

Manangkalangi, L. C., Golung, A. M., & Himpong, M. D. (2019). PERAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TENAGA PERPUSTAKAAN DALAM PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS HEIN NAMOTEMO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/25081

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>