PENGARUH PENATAAN KOLEKSI TERHADAP PROSES TEMU KEMBALI INFORMASI BAGI MAHASISWA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Authors

  • Suci Ramadhani Nalole
  • Anthonius M. Golung
  • Yuriewaty Pasoreh

Abstract

Perpustakaan Perguruan Tinggi berperan penting dalam mendukung visi dan misi serta Tri Dharma Peruruan Tinggi. Segala bentuk informasi tersimpan di perpustakaan guna memenuhi kebutuhan informasi penggunanya. Oleh karena itu setiap koleksi yang ada perlu dikelola dengan baik dengan memperhatikan penataan koleksinya. Penataan koleksi menjadi salah satu penentu keberhasilan temu kembali informasi. Berhasil atau tidaknya suatu proses temu balik informasi dapat dilihat dari pemustaka yang dapat menemukan informasi yang dicari pada tempatnya.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : apakah Penataan Koleksi berpengaruh terhadap Proses Temu kembali Informasi bagi Mahasiswa di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dalam mencari hubungan antara variabel X yaitu “Penataan Koleksi†dengan variabel Y yaitu “Proses Temu Kembali Informasi Bagi Mahasiswa di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Gorontaloâ€. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi produk momen dan regresi linear sederhana untuk mengetahui koefisien arah regresi serta hubungan fungsional dan keberartian antara kedua variabel. Hasilnya terdapat hubungan di antara kedua variabel tersebut dan Penataan Koleksi berpengaruh sebesar 18% terhadap Proses Temu Kembali Informasi bagi Mahasiswa di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo sedangkan sisanya 82% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Penataan Koleksi, Temu Kembali Informasi

Downloads

Published

2019-09-24

How to Cite

Nalole, S. R., Golung, A. M., & Pasoreh, Y. (2019). PENGARUH PENATAAN KOLEKSI TERHADAP PROSES TEMU KEMBALI INFORMASI BAGI MAHASISWA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/25082

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>