OPTIMALISASI KINERJA STAF PERPUSTAKAAN DALAM BIDANG PENGOLAHAN DAN PELAYANAN (STUDI DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA MANADO)

Authors

  • Radina Naim
  • Deisie M.D Warouw
  • Servi S. Sumendap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi kinerja staf pepustakaan dalam bidang pengolahan dan pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado.Kinerja merupakan hasil kerja yang dihasilkan oleh pegawai yang ditampilkan sesuai dengan perannya dalam organisasi. Optimalisasi kinerja dapat tercapai apabila staf perpustakaan dapat melaksanakan pekerjaanya sesuai dengan SOP (standard operational procedure) yang di tetapkan oleh perpustakaan.Maka dari itu staf perpustakaan dalam bidang pengolahan dan pelayanan harus memahami dengan baik pengetahuan tentang ilmu perpustakaan sehingga dapat menjalankan kegiatan pengolhan dan pelayanan dengan baik dan optimal.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan ilmu perpustakaan sangat penting untuk staf perpustakaandalam menjalankan kegiatanpengolahan dan pelayanan di perpustakaan. Kinerja staf pengolahan dan pelayanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado tidak optimal karena terdapat beberapa masalah yaitu: keterlambatan dalam pengolahan seperi membuat buku induk, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka dan reselving koleksi teks.
Kata Kunci: Optimalisasi Kinerja Staf Perpustakaan Dalam Bidang Pengolahan dan Pelayanan

Downloads

How to Cite

Naim, R., Warouw, D. M., & Sumendap, S. S. (2019). OPTIMALISASI KINERJA STAF PERPUSTAKAAN DALAM BIDANG PENGOLAHAN DAN PELAYANAN (STUDI DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA MANADO). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/25461

Issue

Section

Articles