PROGRAM PENGABDIAN KELOMPOK PEMUDA DESA TENTANG PENDIDIKAN BELA NEGARA DI DESA TOURE KECAMATAN TOMPASO BARAT KABUPATEN MINAHASA PROPINSI SULAWESI UTARA

Authors

  • Antonius Y. Luntungan
  • Hanly F. Dj Siwu

Abstract

Spektrum bela Negara sangat luas, mulai dari hubungan baik sesama warga Negara sampai bersama-sama menangkal ancaman musuh bersenjata, termasuk didalamnya bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan Negara, ditanamkan mulai dari anak-anak sampai dewasa termasuk pada usia yang rawan dalam pembentukan identitas diri yaitu remaja. Secara umum tujuan bela Negara adalah kesediaan berbakti pada Negara dan kesediaan berkorban membela Negara.
Proses menanamkan rasa cinta tanah air dan bela Negara harus dilaksakan secara terpadu baik secara formal maupun secara non formal dalam peran generasi muda dalam semangat bela Negara sebagai anak bangsa.
Peran Universitas Sam Ratulagi dalam mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi memiliki tanggung jawab moral kepada masyarakat dalam bentuk Program Kemitraan Masyararakat dengan tujuan untuk dapat memupuk sikap memiliki rasa tanggung jawab bela Negara dengan membentuk rasa sportifitas dan percaya diri dengan metode kegiatan out bound yang bertema “Character Building†untuk membangun sikap kerjasama dan rasa tanggung jawab.
Kata kunci : Bela Negara; Pendidikan Karakter

Downloads

How to Cite

Luntungan, A. Y., & Siwu, H. F. D. (2019). PROGRAM PENGABDIAN KELOMPOK PEMUDA DESA TENTANG PENDIDIKAN BELA NEGARA DI DESA TOURE KECAMATAN TOMPASO BARAT KABUPATEN MINAHASA PROPINSI SULAWESI UTARA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/25947

Issue

Section

Articles