PERANAN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA ANGGOTA PERS MAHASISWA “ACTA DIURNA” ILMU KOMUNIKASI FISPOL UNSRAT MANADO

Authors

  • Keizia Jeina Polii
  • Desie M.D. Warouw
  • Edmon Royan Kalesaran

Abstract

Peranan komunikasi dalam suatu organisasi sangatlah penting, karena akan membantu terjalinnya hubungan yang baik serta koordinasi yang baik antar sesama anggota dalam mencapai tujuan organisasi, selain itu juga komunikasi organisasi akan memberikan dampak pada peningkatkan motivasi kerja dari anggota organisasi tersebut. Penelitian ini dengan rumusan masalah bagaimana peranan komunikasi organisasi dalam meningkatkan motivasi kerja anggota, mendapatkan hasil penelitian antara lain adalah : (1) Secara umum peranan komunikasi organisasi dalam meningkatkan motivasi kerja anggota pers mahasiswa acta diurna, belum terlalu optimal, hal ini dikarenakan pengurus belum dapat menjalankan pendekatan komunikasi secara organisasional, baik secara vertical maupun horizontal. (2) Pengurus pers acta diurna, belum terlalu optimal dalam menjalankan tugas dan fungsi organisasi secara professional, hal ini di tunjukkan pada permasalahan belum dapat mengatur manajeman organisasi secara baik. (3) Dalam upaya meningkatkan motivasi kerja konsep Isi pesan yang disampaikan pengurus kepada anggota, belum terlalu jelas disampaikan khususnya berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab serta job deskripsion masing-masing anggota. (4) Bentuk komunikasi yang digunakan dalam upaya meningkatkan motivasi kerja pada pers mahasiswa acta diurnal, masih lebih dominan pendekatan secara kelompok, sementara pendekatan komunikasi secara interpersonal masih kurang dilakukan, dengan alasan, malu-malu, dan tidak enak karena sesama teman kuliah. (5) Intensitas pertemuan berkomunikasi antara ketua dengan anggota sangat kurang terjadi berkaitan dengan koordinasi tugas, sementara intensitas pertemuan anggota dengan sesama anggota pers mahasiswa acta diurna cukup tinggi, tetapi jarang membahasa tentang organisasi tersebut, lebih kepada hubungan pertemanan kuliah saja. (6) Pemanfaatan saluran/ media komunikasi belum juga terlalu optimal dalam meningkatkan motivasi kerja anggota pers acta diurna, karena hanya lebih banyak memanfaatkan media komunikasi telepon dan whats up, sementara media lain seperti email, surat menyurat resmi belum di optimalkan. (7) Kredibilitas Pengurus dilihat pada sumber daya manusia, kemampuan berkomunikasi sudah cukup baik, karena kebanyakan adalah mahasiswa jurusan ilmu komunikasi dengan konsetrasi jurnalistik maupun humas, namun dilihat dari kemampuan secara professional dalam mengelolah manajeman organisasi belum terlalu baik.
Kata kunci : Komunikasi Organisasi danMotivasi Kerja,

Downloads

How to Cite

Polii, K. J., Warouw, D. M., & Kalesaran, E. R. (2019). PERANAN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA ANGGOTA PERS MAHASISWA “ACTA DIURNA” ILMU KOMUNIKASI FISPOL UNSRAT MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/25948

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>