PERANAN KOMUNIKASI SOSIAL KELOMPOK NELAYAN FLYING FISH DI KELURAHAN BAHU

Authors

  • Stefi Helistina Harilama
  • Joanne Pingkan Tangkudung

Abstract

Komunikasi memagang peranan penting dalam kehidupan manusia dimana saja, oleh siapa saja, dengan siapa saja baik pribadi maupun berkelompok. Dengan komunikasi, manusia mengenal satu sama lain. Dalam kehidupan bermasyarakat tentunya terdapat perbedaan dalam berkomunikasi. Masyarakat yang tinggal dipedesaan, perkotaan maupun pesisir tentunya mempunyai kebiasaan dan budaya yang berbeda dalam mejalani realitas sebagai makhluk sosial, dalam mepertahankan kehidupan manusia berusaha mempertahankan kehidupan dengan berbagai bentuk pekerjaan dan profesi. Seperti yang terjadi pada kelompok nelayan di kelurahan Bahu. Terdapat beberapa jenis kelompok nelayan di kelurahan Bahu yang tujuannya adalah menjalin kerjasama yang baik antar nelayan. itu menandakan komunikasi sosial ada didalamnya. Komunikasi sosial sangat penting dilaksanakan untuk itu pemahaman tentang konsep dasar komunikasi sosial harus disampaikan agar bisa dimengerti dan pahami.
Dalam penelitian ini difokuskan pada komunikasi sosial yang terjadi pada kelompok nelayan Flying Fish. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif dan teori groupthink. Hasil penelitian ini adalah Komunikasi kelompok sosial nelayan Flying Fish ketika berada dilaut dalam melaksanakan profesinya dan membangun komunikasi sosial antar anggota kelompok ketika berada di darat. Intinya komunikasi sosial berlangsung berdasarkan tujuan dan kepentingan bersama dalam rangka mempertahankan hubungan yang baik antaranggota kelompok melalui beberapa cara yang dilakukan dan itu membuahkan hasil yang baik. Walaupun dalam kenyataannya terdapat beberapa perbedaan persepsi diantara anggota dan pengurus kelompok, namun pada intinya kelompok nelayan ini masih tetap ada dan berjalan sesuai tugas dan fungsi.
Keyword : Komunikasi Sosial Kelompok Nelayan.

Downloads

How to Cite

Harilama, S. H., & Tangkudung, J. P. (2019). PERANAN KOMUNIKASI SOSIAL KELOMPOK NELAYAN FLYING FISH DI KELURAHAN BAHU. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/25950

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>