DAMPAK GADGET DALAM MEMOTIVASI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI ILMU PERPUSTAKAAN FISIP UNSRAT

Authors

  • Dzainuddin Munir
  • Meity D. Himpong
  • Sri M.H. Thaib

Abstract

Kehadiran gadget dikalangan para mahasiswa begitu bararti karena dengan gadget para mahasiswa dapat mencari, menelusuri, dan menemukan informasi yang mereka inginkan sehingga kebutuhan akan informasi dapat terpenuhi dan kapan itu proses pencarian informasi berhenti, tergantung terhadap tingkat kepuasan para mahasiswa dalam menemukan informasi yang mereka telusuri, Gadget yang dapat terhubung dengan layanan internet akan membantu para mahasiswa menemukan informasi yang dapat menopang pengetahuannya di kalangan perguruan tinggi.
Teori motivasi merupakan sebuah teori yang dikembangkan oleh McClallend yang mengemukakan bahwa manakala kebutuhan seseorang sangat mendesak, maka kebutuhan akan memotivasi orang tersebut untuk berusaha keras memenuhi kebutuhan tersebut. Contohnya, apabila seseorang memiliki kebutuhan prestasi belajar atau bekerja yang tinggi, maka kebutuhan tersebut mendorong orang untuk menetapkan target yang penuh tantangan, dia harus bekerja keras untuk mencapai tujuan dengan menggunakan keterampilan dan pengalam yang ia miliki, ia rajin ke pustaka, toko buku, membeli buku, membaca dan mendengar informasi. Peningkatan prestasi belajar didukung sikap pribadinya, dalam mengolah pelajaran yang ia dapat, keseriusan dalam belajar, membagi waktu bermain dan belajar. Pada hasil penelitian yang didapatkan bahwa gadget dikatakan sebagai salah satu jenis media yang sangat membantu mahasiswa dalam mengakses informasi dengan cepat melalui fasilitas internetnya. Mahasiswa prodi ilmu perpustakaan unsrat lebih cenderung menggunakan gadget untuk menunjang aktivitas perkuliahannya dilihat dari berbagai proses penggunaan yang telah mereka lakukan dalam hal mencari berbagai macam informasi yang berkaitan dengan ilmu yang mereka pelajari melalui barbagai fasilitas yang ada pada gadget. Mahasiswa prodi ilmu perpustakaan fispol unsrat memilih menggunakan gadget karena sudah dapat mengakses internet dengan mudah, mencakup banyak aplikasi yang sebagian besar dapat menunjang aktifitas sehari-hari mereka terlebih aktifitas mereka sebagai mahasiswa yakni dalam proses perkuliahan. Selain itu, gadget juga dapat menyimpan berbagai jenis file atau dokumen yang juga mempermudah mahasiswa prodi ilmu perpustakaan fispol unsrat untuk mendownload hal-hal yang mereka inginkan lewat internet dalam rangka untuk menunjang peningkatan prestasi mereka.
Kata Kunci : Gadget, Peningkatan Prestasi,

Abstract
The presence of gadgets among students is so meaningful because with gadgets students can search, browse, and find the information they want so that the information needs can be met and when the information search process stops, depending on the level of satisfaction of students in finding the information they are searching for, Gadgets that can be connected to internet services will help students find information that can sustain their knowledge among universities. Motivation theory is a theory developed by McClallend which states that when a person's needs are very urgent, the needs will motivate that person to strive to meet those needs. For example, if a person has high learning or work achievement needs, then those needs encourage people to set challenging targets, he must work hard to achieve goals using the skills and experience he has, he is diligent in literature, bookstores, buying book, read and hear information. Improved learning achievement supported his personal attitude, in processing the lessons he got, the seriousness in learning, dividing playing time and learning. In the results of the study found that the gadget is said to be one type of media that really helps students in accessing information quickly through their internet facilities. Students of library science study programs are more likely to use gadgets to support their lecture activities as seen from the various processes of use that they have done in terms of finding various kinds of information related to the knowledge they learn through the various facilities available in gadgets. Students from the Faculty of Social Sciences and Political Sciences choose to use gadgets because they can access the internet easily, including many applications, most of which can support their daily activities especially their activities as students, namely in the lecture process. In addition, the gadget can also store various types of files or documents that also make it easier for students of the Faculty of Political Science study
program to download the things they want through the internet in order to support their improvement.
Keywords: Gadgets, Performance Improvement,

Downloads

How to Cite

Munir, D., Himpong, M. D., & Thaib, S. M. (2020). DAMPAK GADGET DALAM MEMOTIVASI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI ILMU PERPUSTAKAAN FISIP UNSRAT. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/27151

Most read articles by the same author(s)

> >>