MOTIF PELAJAR DALAM PENGGUNAAN GAME ONLINE COUNTER STRIKE DI KELURAHAN BAILANG KECAMATAN BUNAKEN

Authors

  • Otniel Takalamingan

Abstract

Penelitian ini berjudul Motif Pelajar Dalam Penggunaan Game Online Counter Strike Dikelurahan Bailang Kecamatan Bunaken dengan tujuan untuk mengetahui motif pelajar dalam penggunaan game online Counter Strike tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Fenomenologi Alfred Schutz yang mengutamakan subyektivitas pelajar sebagai informan dengan pendekatan metode kualitatif tentang motif pelajar dalam penggunaan game online Counter Strike. Hasil penelitiannya adalah banyak terdapat berbagai motif dalam diri pelajar dalam memainkan game online Counter Strike ini ada yang ingin menyalurkan emosi, ada yang untuk mengejar reward dan ada pula sebagai ajang mengasah otak. Adapun dampak-dampak yang di timbulkan oleh game online ini yaitu dampak positifnya adalah daya pikir pelajar semakin meningkat serta pelajar memiliki daya juang dalam berkreativitas di lingkungan sekolah ataupun lingkungan sekitarnya. Sedangkan dampak negatifnya kehadiran disekolah berkurang yang mengakibatkan prestasi pelajar itu sendiri merosot.

Abstract
This research is entitled The Motivation of Student to Game Online Using Counter Strike in Bailang Village, Bunaken, with purpose to know motivation of student to game online using Counter Strike. The theory used in this research is Phenomenology from Alfred Schutz which is mainly prioritizing the subjectivity of student as a informers with qualitative methods about Game using Counter Strikes. The result of this research are many motivation on students when they used Game Online, Counter Strikes. One of them said to influence their emotion, others said to reaches reward, and to get their brain nice. Many impacts that Counter Strikes give are their brain are upgraded and students has a fighting spirit in creativity in school and their environment as a positive side. But in negative side, their presents getting dicreased.

Downloads

Published

2013-11-01

How to Cite

Takalamingan, O. (2013). MOTIF PELAJAR DALAM PENGGUNAAN GAME ONLINE COUNTER STRIKE DI KELURAHAN BAILANG KECAMATAN BUNAKEN. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/2884

Issue

Section

Articles