PERANAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PIMPINAN DALAM MENGGERAKKAN PEMUDA DAN REMAJA SECARA AKTIF DIKEGIATAN ROHANI ( Studi Pada Pemuda dan Remaja Jemaat GPdi Elohim Silian Satu)

Authors

  • Ferent Ireine Talumepa
  • Mariam Sondakh
  • Debby D.V Kawengian

Abstract

Komunikasi antarpribadi merupakan komunikasi yang paling efektif dalam menyampaikan  maksud dan  tujuan   dari  komunikator  kepada komunikan.  Dalam menggerakkan keaktifan untuk  ikut  serta dalam kegiatan rohani  khususnya pada pemuda  dan   remaja  yang   ada   di  jemaat  GPdI  Elohim  Silian  Satu,  dan   sesuai fenomena yang terjadi  di lapangan, bahwa peran  dari pimpinan pemuda dan  remaja kurang  efektif  untuk  merangkul rekan-rekan pemuda dan  remaja. Pimpinan pemuda dan  remaja dalam komunikasinya yang  sudah membudaya bahwa mereka memiliki sikap  yang  tidak  terbuka dalam  hal  tak  mau   menerima  saran dan  keluhan  dari anggota  pemuda dan   remaja  akibatnya  pemuda dan   remaja  seakan  tidak  mau terlibat  lagi dalam kegiatan-kegiatan rohani.  Kurangnya  empati dari  pimpinan yang merupakan salah satu faktornya, yakni dari pimpinan pemuda dan  remaja itu sendiri sering acuh  tak  acuh  dalam membangun kepribadian pemuda dan  remaja, Sikap positif  dalam  komunikasi  pimpinan  terhadap pemuda dan  remaja  terlihat   masih kurang  hal  ini muncul  disaat berkomunikasi begitu  sering pimpinan bersikap tidak ramah pada pemuda dan  remaja. Juga dalam sikap mendukung pimpinan kepada pemuda dan remaja terkadang mensupport kadang juga tidak. Dalam hal kesetaraan komunikasi pimpinan yang  hanya  berkomunikasi dengan orang-orang tertentu saja bisa dibilang  pilih kasih. Kelima hal inilah yang  diduga  penyebab para  pemuda dan remaja kurang  aktif dalam kegiatan-kegiatan rohani.  Mengenai hal tersebut, muncul keinginan  untuk   melakukan  penelitian  tentang  Peranan  Komunikasi  Komunikasi Antar  Pribadi  Pimpinan Dalam  Menggerakkan Pemuda dan  Remaja  Secara Aktif di Kegiatan  Rohani  pada Jemaat  GPdI  Elohim  Silian  Satu.  Metode yang  digunakan adalah Kualitatif.  Penelitian kualitatif  bertujuan memperoleh gambaran seutuhnya mengenai suatu hal  menurut pandangan manusia yang  diteliti.  Penelitian kualitatif berhubungan dengan ide,  persepsi,  pendapat atau  kepercayaan orang  yang  diteliti dan  kesemuanya  tidak  dapat diukur  dengan angka. Secara keseluruhan  peranan komunikasi antar  Pribadi pimpinan dalam menggerakkan pemuda dan remaja secara aktif  di kegiatan rohani  pada jemaat GPdI Elohim Silian Satu  sudah berjalan cukup baik  ,  dimana anggota pemuda dan  remaja membutukan motivasi dan  dukungan untuk  terus aktiv  dalam  kegiatan  rohani,  begitupun  sebaliknya.  Keduanya  saling membutuhkan antara pimpinan dan anggota pemuda dan remaja.

 

Kata Kunci : Komunikasi Antar Pribadi , Kegiatan Rohani

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

Talumepa, F. I., Sondakh, M., & Kawengian, D. D. (2020). PERANAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PIMPINAN DALAM MENGGERAKKAN PEMUDA DAN REMAJA SECARA AKTIF DIKEGIATAN ROHANI ( Studi Pada Pemuda dan Remaja Jemaat GPdi Elohim Silian Satu). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/29551

Most read articles by the same author(s)

> >>