MANFAAT JARINGAN WI-FI DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES MANADO BAGI PENGGUNA PERPUSTAKAAN UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI

Authors

  • Dismas Kristo Paendong
  • Nolly S. Londa
  • Ferry V.I.A Koaogouw

Abstract

Wi-fi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity yaitu sebuah media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komonikasi atau mentranfer program dan data dengan kemampuan yang sangat cepat. Wi-fi juga dapat diartikan teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data dengan menggunakan gelombang radio (nirkabel) melalaui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi internet berkecepatan tinggi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah manfaat jaringan Wi-fi di perpustakaan politeknik kesehatan kemenkes manado bagi pengguna perpustakaan untuk mendapatkan informasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jumlah informan 12 orang yang terdiri dari kepala perpustakaan, kepala bagian teknisi dan 10 orang pemustaka yang telah melakukan penelusuran secara online. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara (interview) dan dokumen yang diperoleh dari lokasi penelitian. Adapun teknik pengolahan dan analisa data yaitu reduksi data, display data (penyajian data), penarikan kesimpulan dan verifikasi.

 

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada manfaat jaringan Wi-fi yang ada perpustakan, ini sangat membantu mahasiswa untuk mengakses dan mencari informasi serta tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. Mahasiswa telah merasakan manfaatnya khususnya dalam penentuan informasi yang berkaitan langsung dengan pencarian informasi. Namun seringkali jaringan yang ada di Perpustakaan sering mengalami gangguan seperti listrik padam,pengguna jaringan yang terlalu banyak, dan perubahan cuaca seperti hujan deras dan cuaca yang berangin yang dapat membuat signal naik-turun atau ketidakstabilan jaringan dan Lalod.

 

Oleh sebab itu Saran bagi Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Manado diharapkan lebih memperhatikan dan meningkatkan kualitas jaringan Wi-fi yang sering mengalami gangguan pada waktu-waktu tertentu sehingga pemustaka merasa puas dan nyaman ketika menelusuri informasi.

 

Kata kunci : manfaat, jaringan Wi-fi dan pemustaka

Downloads

Published

2020-07-30

How to Cite

Paendong, D. K., Londa, N. S., & Koaogouw, F. V. (2020). MANFAAT JARINGAN WI-FI DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES MANADO BAGI PENGGUNA PERPUSTAKAAN UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/29712

Most read articles by the same author(s)

> >>