PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN DI WHIZ PRIME HOTEL MANADO

Authors

  • Tri Hastuti
  • Yuriewaty Pasoreh
  • Nicolas Mandey

Abstract

Dewasa ini semakin banyak orang yang melakukan perjalanan tempat yang memiliki potensi pariwisata, termasuk Indonesia. Salah satu daerah di Indonesia yang saat ini banyak menarik minat para pelancong adalah Sulawesi Utara. Seiring ramainya kunjungan dari para wisatawan tentunya berpengaruh terhadap peningkatan permintaan untuk penginapan. Hotel Whiz Prime Manado adalah salah satu penyedia jasa layanan perhotelan di kota Manado. Whiz Prime Hotel Manado memiliki divisi Humasnya sendiri yang disebut dengan Marketing Communication. Dengan adanya Humas, tentu diharapkan jumlah pengunjung mengalami peningkatan. Namun, pada kenyataannya jumlah pengunjung yang datang mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui peran humas dalam meningkatkan jumlah kunjungan dan peneliti berharap dapat memberikan masukan bagi pihak perusahaan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Informan yang sudah ditetapkan adalah Humas dari Whiz Prime Hotel Manado dan 5 orang pengunjung yang sedang menginap. Model Miles dan Huberman digunakan digunakan sebagai analisis data dengan menggunakan triangulasi sumber.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Hotel Whiz Prime Manado masih kurang berperan, hal ini dikarenakan: 1. Sebagai penasehat ahli, Humas tidak mengetahui tugas dan tanggung jawab Humas secara umum; 2. Sebagai fasilitator komunikasi, Humas akan berkomunikasi dengan publiknya apabila terjadi masalah; 3. Sebagai fasilitator proses pemecahan masalah, Humas hanya sejauh memberikan masukan dan saran saja, keputusan dan kebijakan berada dalam wewenang Sales Marketing Manager; 4. Sebagai teknisi komunikasi, Humas menggunakan media cetak hingga media sosial sebagai sarana promosi, namun beberapa pengunjung mendapatkan informasi tentang hotel dari aplikasi penyedia layanan pemesanan hotel secara online.


Kata Kunci: Peran, Humas, kunjungan, hotel

Downloads

How to Cite

Hastuti, T., Pasoreh, Y., & Mandey, N. (2020). PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN DI WHIZ PRIME HOTEL MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/30140

Most read articles by the same author(s)

> >>