Strategi Humas dalam Menangani Krisis Perusahaan di PT. Air Manado (Studi Kasus pada Masyarakat Kelurahan Mahakeret Barat Manado)

Authors

  • Natasha Valencia Magrie Loing
  • Meity D. Himpong
  • Edmon R. Kalesaran

Abstract

PT. Air Manado merupakan merupakan satu-satunya perusahan yang bergerak dalam pemasokan air bersih di Sulawesi Utara khususnya di kota Manado. Sebagian besar masyarakat Manado memakai atau membeli air bersih di perusahaan ini, Sampai saat ini perusahaan tersebut merupakan satu-satunya public yang memasok air bersih di Kota Manado. Pengoperasian perusahaan air ini banyak dihadapi dengan berbagai dan beragam kendala, mulai dari air yang keruh yang sulit untuk diolah, pompa rusak, cuaca ekstreme, dan kebocoran pipa. Hal-hal tersebut mengakibatkan pengoperasian air bersih ini terganggu sehingga kebutuhan yang seharusnya untuk masyarakat tidak dipenuhi dan mengakibatkan susahnya air bersih untuk dijalankan atau dialiri. Dari sekian banyaknya pengguna air bersih PT. Air Manado masyarakat kelurahan Mahakeret Barat ikut merasakan susahnya air bersih jika pengoperasian perusahaan menghadapi berbagai macam kendala. Oleh karena itu dengan adanya hal-hal tersebut masyarakat yang ada di kelurahan Mahakeret Barat mengajukan keluhan perihal tidak adanya pemasokan air bersih. Dan Tugas humas yang merupakan jembatan atau mediator bagi masyarakat dan perusahaan, maka dari itu humas harus memiliki strategi komunikasi yang sistematis untuk menangani keluhan, agar pesan yang disampaikan tidak menimbulkan kesalahpahaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. 4 Model prinsip strategi Humas M. Cutlip & Allen H. Centre: 1. Fact Finding (Pencarian Fakta), 2. Planning (Perencanaan), 3. Action & Communication (Aksi dan Komunikasi), 4. Evaluating (Evaluasi). Dari hasil penelitian PT. Air Manado dalam menangani krisis keluhan menggunakan 4 model prinsip Cutlip & Centre dan disetiap model tersebut mempunyai strateginya masing-masing dan di dalam masing-masing strategi mempunyai kelemahan serta kelebihannya.

 

 

 

Kata Kunci: Strategi, Krisis, Humas.

Downloads

Published

2020-09-07

How to Cite

Loing, N. V. M., Himpong, M. D., & Kalesaran, E. R. (2020). Strategi Humas dalam Menangani Krisis Perusahaan di PT. Air Manado (Studi Kasus pada Masyarakat Kelurahan Mahakeret Barat Manado). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/30219

Most read articles by the same author(s)

> >>