Peran Humas Dalam Menyosialisasikan Prosedur Penggunaan Kartu BPJS Kesehatan Pada Pasien Rawat Inap Di RSUD Mimika Papua

Authors

  • Sherly Endang Pentury
  • Meity D. Himpong
  • Jeffry William Londa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui peran kehumasan dalam menyosialisasikan prosedur penggunaan kartu BPJS Kesehatan kepada pasien rawat inap di RSUD Mimika. Dalam penulisan ini, penulis menggunakan teori peran menurut Bidlle & Thomas sebagai dasar berpikir dan meneliti.

Jenis penelitian ini kualitaif yang dipaparkan secara deskriptif. Subjek penelitian humas BPJS Kesehatan, humas RSUD Mimika papua, pasien rawat inap. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa humas RSUD Mimika lebih berperan aktif dalam menjalakan tugas sebagai penghubung atau penengah antara BPJS Kesehatan dan pasien rawat inap. Humas BPJS Kesehatan hadir di RSUD Mimika untuk menyosialisasikan prosedur BPJS Kesehatan kepada pasien melalui sosialisasi langsung di RSUD Mimika papua.

 

Kata kunci : Peran Humas, BPJS Kesehatan, Menyosialisasikan

Published

2021-01-11

How to Cite

Pentury, S. E., Himpong, M. D., & Londa, J. W. (2021). Peran Humas Dalam Menyosialisasikan Prosedur Penggunaan Kartu BPJS Kesehatan Pada Pasien Rawat Inap Di RSUD Mimika Papua. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/31989

Most read articles by the same author(s)

> >>