PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA KELUARGA BERENCANA DI DESA DOLODUO KECAMATAN DUMOGA BARAT

Authors

  • Ria Pragita
  • Antonius Boham
  • Meiske Rembang

Abstract

Penelitian ini dengan rumusan masalah tentang bagaimana Persepsi atau tanggapan masyarakat tentang pentingnya keluarga Berencana, dengan lokasi penelitian Di Desa Doloduo Kecamatan Dumoga Barat, penelitian ini menggunakan metode deskrptif dengan memanfaatkan responden penelitian sebagai sumber data utama. Hasil penelitian mendapatkan bahwa persepsi atau tanggapan masyarakat terkait pentingnya KB sudah cukup baik, hal tersebut ditunjukkan sebagian besar masyarakat sudah mengikuti anjuran pemerintah untuk mengikuti program keluarga berencana, walaupun masih ada yang belum mengikuti nya. Pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya program keluarga berencana cukup baik, dikarenakan informasi mengenai program KB sudah menjadi bahan informasi secara turun temurun sejak dari orang tua dahulu pada saat jaman orde baru, sebagai awal program KB tersebut sampai saat ini. Masyarakat desa Doloduo sudah mengetahui manfaat positif dan dampak negatif dari mengikuti program keluarga berencana tersebut. Ditunjukkan dengan 65 % keluarga desa yang sesuai dengan anjuran dari program keluarga berencana tersebut.

Masih ada sebagian masyarakat yang tidak mengikuti anjuran pemerintah tentang program keluarga berencana, karena menurut mereka ikut atau tidak ikut program KB tergantung dari masing-masing keluarga tersebut, resiko dan dampak sudah mereka pahami apabila tidak mengikuti program tersebut. Keluarga yang tidak mengikuti program KB, merasa mampu untuk membiaya serta mengatur kesejahteraan mereka.

Informasi tentang program keluarga berencana sudah mulai dikesampingkan oleh masyarakat akibat pesan serta saluran informasi kurang baik dan tidak update atau kekinian, sehingga informasi KB tersebut mulai tersingkir dengan banyaknya informasi menarik lainnya di era teknologi informasi yang berkembang di masyarakat sampai di masyarakat Desa Doloduo.

 

Kata Kunci : Persepsi, Masyarakat, Keluarga Berencana.

Downloads

Published

2021-01-12

How to Cite

Pragita, R., Boham, A., & Rembang, M. (2021). PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA KELUARGA BERENCANA DI DESA DOLODUO KECAMATAN DUMOGA BARAT. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/32016

Most read articles by the same author(s)

> >>