PERAN HUMAS KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA (KPPP) MANADO DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT MEMBAYAR PAJAK

Authors

  • Mochsen H. Alamri
  • Elfie Mingkid
  • Edmon R. Kalesaran

Abstract

 

eran Humas memegang peranan penting sebagai jembatan penyampaian informasi kepada masyarakat dalam meningkatkan kesadaran membayar pajak. Hal tersebut menjadi tujuan untuk kemajuan instansi pemerintah, karena humas harus memiliki wawasan yang luas sebelum menyampaikan beritanya agar masyarakat dapat memahami setiap informasi yang ada. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Fokus penelitian ini difokuskan pada Peran Humas Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, yang objek utamanya adalah PRO (petugas humas) dan staf Humas di KPPP Manado. Oleh karena itu peneliti mengaitkan fokus penelitian ini dengan teori humas dari F. Rachmadi (1992: 23) yang mengemukakan tugas pokok humas. Terkait dengan peningkatan kesadaran perpajakan, Humas di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado menjalankan perannya dengan melakukan beberapa tugas pokok, yaitu; 1) Berorganisasi dan bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi /pesan secara lisan, tertulis maupun melalui gambar (visual) kepada publik. 2) Memantau, mencatat, dan mengevaluasi tanggapan dan opini publik /publik. 3) Menjalin hubungan baik dengan publik dan media massa. Tugas tersebut dilaksanakan dengan tujuan agar informasi dapat tersampaikan dengan baik dan dapat dipahami oleh Wajib Pajak. Selain itu telah dilakukan upaya peningkatan kesadaran dalam membayar pajak, Humas KPPP Manado menggunakan beberapa media antara lain; Sebuah. Media Cetak (leaflet, brosur, koran, baliho dan spanduk), b. Media elektronik (radio, televisi, handphone) dan media sosial melalui laman resmi pajak Manado (Instagram dan Facebook), c. Media Gathering / Sosialisasi (target: PNS, Pegawai BUMN, Pegawai Swasta, Profesi, Perkumpulan Pengusaha, dan Perguruan Tinggi). Adapun upaya yang dilakukan oleh KPPP Manado Dalam menyelenggarakan hubungan baik dengan masyarakat dan media, seperti perayaan Hari Pajak, Hari OEANG, SPECTAXCULAR dan perayaan lainnya. Upaya dalam menjalankan tugas dan peran humas perlu ditingkatkan dalam hal informasi dan komunikasi. Di era digitalisasi yang semakin modern, sebagian masyarakat (wajib pajak) belum memahami dan mengikuti perkembangan informasi digital di media online terkait aplikasi perpajakan. Oleh karena itu perlu adanya sosialisasi secara berkala dalam mensosialisasikan penggunaan aplikasi digital online ini kepada masyarakat, hal ini untuk menghindari kesalahan dalam penggunaan media tersebut.

 

Kata Kunci: Peran Humas, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado

Downloads

Published

2021-05-11

How to Cite

Alamri, M. H., Mingkid, E., & Kalesaran, E. R. (2021). PERAN HUMAS KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA (KPPP) MANADO DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT MEMBAYAR PAJAK. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/34004

Most read articles by the same author(s)

> >>