POLA KOMUNIKASI HUMAS PT. PERTAMINA GEOTHERMAL ENERGY AREA LAHENDONG (STUDI PADA PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY DI KELOMPOK PETANI BUNGA DI KOTA TOMOHON)

Authors

  • Pritha Amalia Citra
  • Sintje A. Rondonuwu
  • Edmon R. Kalesaran

Abstract

P

ola komunikasi humas dalam sebuah perusahaan sangatlah penting, salah satunya adalah dalam melaksanakan program-program di perusahaan seperti Corporate Social Responbility dan juga program- program lainnya, karena dengan mengetahui pola komunikasi humas dalam sebuah perusahaan kita dapat memahami apa yang menjadi kelebihan atau kekurangan dari pelaksanaan program tersebut. Seperti pada program Corporate Social Responbility PT. Pertamina Geothermal Energy Area Lahendong dengan masyarakat petani bunga di kota Tomohon, masih sering dijumpai adanya kesenjangan komunikasi antara humas dan masyarakat petani bunga kota Tomohon dimana masyarakat menganggap program yang telah terlaksana belum sesuai dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi humas PT. Pertamina Geothermal Energy Area Lahendong dalam pelaksanaan program Corporate Social Responbility pada kelompok petani bunga kota Tomohon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Adapun Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang, yaitu 3 orang dari humas perusahaan dan 3 orang dari masyarakat kelompok petani bunga kota Tomohon. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan keempat unsur teori yang digunakan, yaitu keahlian, kredibilitas, daya tarik, dan kekuasaan dapat disimpulkan bahwa humas PT. Pertamina Geothermal Energy Area Lahendong menggunakan dua pola dalam mensosialisasikan program tersebut kepada masyarakat petani bunga, yaitu pola komunikasi primer dan juga pola komunikasi sekunder.

 

Kata Kunci: Pola, Komunikasi, Humas

Downloads

Published

2021-06-22

How to Cite

Citra, P. A., Rondonuwu, S. A., & Kalesaran, E. R. (2021). POLA KOMUNIKASI HUMAS PT. PERTAMINA GEOTHERMAL ENERGY AREA LAHENDONG (STUDI PADA PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY DI KELOMPOK PETANI BUNGA DI KOTA TOMOHON). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/34391

Most read articles by the same author(s)

> >>