STUDI NETNOGRAFI PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Authors

  • Steeve A. J Muntu
  • Joanne P.M Tangkudung
  • Leviane J. H Lotulung

Abstract

ABSTRAK

Di era revolusi industri 4.0 media sosial hadir dan mengubah paradigma berkomunikasi di masyarakat saat ini. Instagram merupakan salah satu medium yang memiliki peran penting terhadap terhadap kebiasaan baru mengakses berita atau informasi. Akun Instagram @indozone.id merupakan salah satu akun dari sekian banyak akun berita yang populer dan banyak pengikutnya. Karena kemasan beritanya berbeda, lebih menarik, dan bisa diakses kapan saja maka budaya melihat berita yang biasanya melalui TV, radio, dan koran mulai bergeser dan hanya mempunyai peminatnya sendiri dengan kalangan usia tertentu. Instagram dengan fiturnya yang mudah dipelajari membuat banyak yang memilih untuk mengakses informasi melalui media sosial ini. Cara mengakses konten berita @indozone.id sangat mudah hanya perlu membuat akun, dan mengikuti @indozone.id. Selain itu didalamnya mereka saling bertukar pikiran dan berdiskusi. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti tentang berita di media sosial seperti pada konten @indozone.id. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana bentuk interaksi itu terjadi pada akun instagram @indozone.id, serta untuk mengetahui bagaimana unsur-unsur komunikasi visual yang terdapat pada konten-konten di akun instagram @indozone.id. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada level ruang media, konten akun instagram @indozone.id berisi berbagai macam berita dari dalam maupun luar negeri yang dikemas kreatif, sederhana, dan menarik agar mudah diterima pembacanya. Pada level dokumen media memiliki konten berbentuk tulisan, gambar, atau video. Konten berupa gambar atau video memenuhi unsur-unsur komunikasi visual yaitu: garis, bentuk, tekstur, gelap terang, ukuran, warna, tipografi, keseimbangan dan kesatuan. Pada objek media, interaksi dan aktivitas para pengikut ialah memberikan like dan komentar pada postingan berita dari akun @indozone.id. Level pengalaman media, sebagian besar alasan para pengikut akun instagram @indozone.id mengikuti akun tersebut yaitu untuk mendapatkan informasi karena konten berita pada akun tersebut sangat menarik dan beritanya  sangat update.

 

Kata Kunci: Berita, Media sosial, Netnografi, Instagram

Downloads

Published

2021-09-28

How to Cite

Muntu, S. A. J., Tangkudung, J. P., & Lotulung, L. J. H. (2021). STUDI NETNOGRAFI PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/36005