PENGARUH KOLEKSI BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN STIE EBEN HAEZAR MANADO TERHADAP MINAT BACA MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUTANSI)

Authors

  • Titi - Kurniatiwati
  • Nolly S Londa
  • Meiske M Rembang

Abstract

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh  Pengaruh Koleksi Bahan Pustaka di Perpustakaan Stie Eben Haezar Manado.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian korelasional. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi produk moment dan regresi linear sederhana.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan  antara kedua variabel dalam penelitian ini yaitu nilai tuji yaitu 4,60 lebih besar dar nilai tabel yaitu 1,68 pada taraf signifikan 0,05 (5%). Nilai korelasi rhitung adalah 1,68  variabel dalam penelitian ini terdapat hubungan “cukub berartiâ€. Dari hasil koefisien determinasi (daya penentu) maka  pengaruh variable koleksi bahan pustaka  terhadap minat baca mahasiswa di perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (Stie Eben Haezar) Manado adalah sebesar 32% Hasil analisis regresi linear sederhana antar kedua variabel dalam penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan yang fungsional dan linear serta bermakna diantara kedua variabel  koleksi bahan pustka terhadap minat baca mahasiswa di perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi   (Stie Eben Haezar Manado).  Penelitian ini jika dikaitkan dengan teori yang digunakan dalam penelitian  maka dimana ketersediaan koleksi bahan pustaka  itu  faktor utama dalam menunjang pelayanan perpustakaan dan menjadi kekuatan utama dalam memenuhi kebutuhan informasi penggunanya. Koleksi perpustakaan terdiri atas buku-buku dan terbitan lain yang dikumpulkan, diolah, dan disimpan oleh perpustakaan sehingga dapat ditemu kembali untuk dimanfaatkan pengguna sehingga menciptakan pelayanan terhadap kebutuhan pengguna dengan optimal.

 

Kata Kunci : Koleksi Bahan Pustaka, Minat  Baca

 

Downloads

Published

2022-01-16

How to Cite

Kurniatiwati, T. .-., Londa, N. S., & Rembang, M. M. (2022). PENGARUH KOLEKSI BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN STIE EBEN HAEZAR MANADO TERHADAP MINAT BACA MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUTANSI). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/38001

Most read articles by the same author(s)

> >>