KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MAHASISWA DAN DOSEN PEMBIMBING AKADEMIK DALAM PENYELESAIAN STUDI (di Prodi Komunikasi 2017 Fispol Unsrat)

Authors

  • Astri Flora Suoth
  • Meyti Dina Himpong
  • Antonius - Boham

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dengan judul Komunikasi Antar Pribadi Mahasiswa Dan Dosen Pembimbing Akademik Dalam Penyelesaian Studi (Di Prodi Komunikasi 2017 Fispol Unsrat) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan memanfaatkan informan sebagai sumber data penelitian dengan landasan teori Komunikasi Antar Pribadi dari Joseph A. DeVito. Dalam penelitian ini membahas tentang Komunikasi Antar Pribadi Mahasiswa Tingkat Akhir Dan Dosen Pembimbing Akademik Dalam Penyelesaian Tugas Akhir. Komunikasi antarpribadi dosen pembimbing akademik dan mahasiswa tingkat akhir terdapat Keterbukaan, Empati, Dukungan, Rasa Positif dan Kesetaraan sehingga dari hasil wawancara ditemui masih banyak mahasiswa khususnya mahasiswa tingkat akhir kurang memfungsikan dosen pembimbing akademik mereka dengan makasimal karena berdasarkan hasil yang ditemui. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa komunikasi antar pribadi mahasiswa tingkat akhir dan dosen pembimbing akademik dalam penyelesaian studi di prodi komunikasi 2017 Fispol Unsrat. Masih berjalan kurang begitu baik karena dari hasil temuan dari penelitian ini, peneliti menyimpulkan beberapa pernyataan ini yang didukung oleh hasil kesimpulan wawancara peneliti terhadap informan mengenai 5 indikator komunikasi antarpribadi dari Joseph A. Devito. Keterbukaan dalam komunikasi antar pribadi mahasiswa tingkat akhir dan dosen pembimbing akademik dalam penyelesaian tugas akhir belum maksimal. Hal ini dikarenakan salah satu ke empat mahasiswa ini masih belum terlalu terbuka terhadap dosen pembimbing akademiknya.

 

Kata Kunci:         Komunikasi Antar Pribadi, Dosen Pembimbing Akademik, Mahasiswa,   Penyelesaian studi

Downloads

Published

2022-01-18

How to Cite

Suoth, A. F., Himpong, M. D., & Boham, A. .-. (2022). KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MAHASISWA DAN DOSEN PEMBIMBING AKADEMIK DALAM PENYELESAIAN STUDI (di Prodi Komunikasi 2017 Fispol Unsrat). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/38183

Most read articles by the same author(s)

> >>