MOTIVASI PEMUSTAKA DALAM MEMANFAATKAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EBEN HAEZAR MANADO

Authors

  • Rien Savendi Silalahi
  • Ferry V.I.A Koagouw
  • Anita - Runtuwene

Abstract

ABSTRAK

Pokok permasalahan penelitian ini adalah bagaimana Motivasi pemustaka Dalam Memanfaatkan Koleksi Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eben Haezar Manado. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Motivasi Pemustaka Dalam Memanfaatkan Koleksi di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eben Haezar Manado. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dikaji dari sudut pandang yang utuh, komprehensif dan holistik. Data yang diperoleh dari sumber data (informan) yang berjumlah 5 orang, terdiri dari: 1 orang kepala tata usaha, 1 orang kepala perpustakaan, 1 orang Dosen STIE Eben Haezar dan 2 orang mahasiswi STIE Eben Haezar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi (pengamatan langsung), wawancara (interview) dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu motivasi pemustaka untuk memanfaatkan koleksi buku, aspek-aspek motivasi dan aspek-aspek pemanfaatan. Hasil penelitian Motivasi Pemustaka Dalam Memanfaatkan Koleksi Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eben Haezar Manado adalah didorong dari sebuah keinginan membaca buku untuk referensi tugas akhir informan, keinginan mencari buku yang dibutuhkan untuk menambah wawasan pengetahuan informan, mencari pedoman penulisan karya tulis ilmiah untuk skripsi informan dan sebagai materi mengajar informan dalam proses perkuliahan.

 

Kata Kunci: Motivasi Pemustaka, Manfaat, Koleksi. Perpustakaan

Downloads

Published

2022-04-02

How to Cite

Silalahi, R. S., Koagouw, F. V., & Runtuwene, A. .-. (2022). MOTIVASI PEMUSTAKA DALAM MEMANFAATKAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EBEN HAEZAR MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/39774

Most read articles by the same author(s)

> >>