EFEKTIVITAS SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS LEARNING TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN (STUDI INDEPENDEN NONGSA DIGITAL PARK BATAM)

Authors

  • Teguh Putra Mamonto
  • Eva Atje Merentek
  • Jeffry William Londa

Abstract

ABSTRAK

Dunia Pendidikan yang terbiasa melakukan Metode Pembelajaran Tatap muka  Langsung (direct communication)  Saat Ini di masa pandemic COVID-19 (Corona Virus Desease 2019) Di Paksa Beralih ke pembelajaran mengunakan Media Online (Mediated Communication) dengan menungunakan Metode pembelajaran Syncrounous dan Asyncrounous Learning (ASL) Baik Itu di Tingkatan  SD, SMP, SMA,Perguruan tinggi bahkan di workshop. Pada Tahun 2021 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Mejalankan Program Studi Independen Bersertifikat di mana Nongsa Digital Park menjadi Salah satu Mitra yang memberikan Pelatihan Studi Independen Mobile And Cloud Develompment dengan Metode Pembelajaran Synchronous dan Asychronous Learning. Oleh karena itu penelitian ini membahas tentang Efektivitas Synchronous dan Asynchronous Learning Terhadap Keberhasilan Pembelajaran (Studi Independen Nongsa Digital Park Batam) yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Synchronous dan Asynchronous Learning Sebagai Metode  Pembelajaran di Studi Independen Nongsa Digital Park Batam . Metode penelitian yang digunakan adalah Desktiptif Koomparatif dengan Pendekatan Kuantitatif dan menggunakan Teknik Simple Random Sampling menggunakan landasan teori Computer Mediated Communication oleh Susan Herring. Dari penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan antara lain. (1) Terdapat Perbedaan Signifikan antara Metode Pembelajaran Synchronous dan Asynchronous Learning (2) Synchronous Learning Memiliki Efektifitas 71,92% (3) Asychronous Learning Memiliki Efektifitas 69.64%. (4)  Sychronous Learning Lebih Efektif dibandingkan Asychronous Learning (5) Synchronous dan Asychronous Learning Mempengaruhi Keefektifitan Pembelajaran Studi Independen NDP.

 

Downloads

Published

2022-04-18

How to Cite

Mamonto, T. P., Merentek, E. A., & Londa, J. W. (2022). EFEKTIVITAS SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS LEARNING TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN (STUDI INDEPENDEN NONGSA DIGITAL PARK BATAM). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/40333

Most read articles by the same author(s)