STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PERSONAL SELLING AGEN ASURANSI DALAM MENJUAL PRODUK PT SINARMAS MSIG LIFE di KANTOR CABANG MANADO

Authors

  • Dhavids I Manampiring
  • Desie M.D Warouw
  • Meity D Himpong

Abstract

ABSTRAK

Peran komunikasi pemasaran sangatlah penting karena merupakan aspek penting dalam keseluruhan misi serta suksesnya pemasaran. Strategi yang matang wajib digunakan sebuah perusahaan agar keseluruhan tujuan yang diinginkan oleh perusahaan bisa tercapai dengan maksimal dalam mendapatkan klien atau pelanggan. Juga merupakan jenis usaha yang bersifat khusus dan unik, dimana jasa yang diberikan asuransi tidak memiliki wujud sama sekali, tetapi bersifat implisit berupa manfaatspsikologis dalam bentuksperlindungan terhadapsrisiko yang berkemungkinan dialami olehsnasabah orang awam berpikir entah itu asuransi jiwa atau asuransi jenis lainnya selalu identik dengan sales asuransi yang datang dengan berjanji dan membicarakan bencana serta kematian, hal lainnya yaitu minimnya pendapatan yang diperoleh sehingga terjadinya ketimpangan dengan harga premi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Penelitian ini bertujuansuntuk mengetahui strategiskomunikasi pemasaran yang lebih fokus kepada proses personal selling agen asuransi dalam menjual produk. Penelitian ini menggunakan teori Personal Selling yang dikemukakan oleh Kotler yang mengungkapkan bahwa tujuh langkah-langkah proses penjualan yaitu; memilih dansmenilai prospek, prapendekatan, pendekatan, presentasi dansdemo, menanganiskeberatan, menutupspenjualan, dan tindakslanjut. Penelitiansini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian inisdilakukan terhadap 5 informan yangsbekerja sebagai agen asuransi di PT Sinarmas MSIG Life Kantor cabang Manado dalam beragam usia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan lebih rinci mengenai proses personal selling yang dilakukan agen asuransi dalam menjual produk yakni; memilih prospek, melakukan prapendekatan , melakukan pendekatan, melakukan presentasi dan demo produk kepada nasabah, Menangani keberatan, menutup penjualan, dan menindak-lanjuti hasil presentasi.

Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Personal Selling, Asuransi

Downloads

Published

2022-04-26

How to Cite

Manampiring, D. I., Warouw, D. M., & Himpong, M. D. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PERSONAL SELLING AGEN ASURANSI DALAM MENJUAL PRODUK PT SINARMAS MSIG LIFE di KANTOR CABANG MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/40749

Most read articles by the same author(s)

> >>