IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATAKAN KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 9 MANADO

Authors

  • Roger Eizenhower Pattileuw

Abstract

Abstract
Implementation Library Management In Improving Service Quality In National High School Library 9 Manado. Introduction: Primary and secondary education even college is an essential element for the formation of character and the success of young people in the development of the nation's future. One element in the success of education in an effort to educate the nation is the library. The school library is a library that is on formal education units in the primary and secondary education is an integral part of the school activities, and a resource center to support the achievement of the purpose of school education is concerned, in other words the school library is also an educational organization which is information center, rekrasi centers, cultural centers, learning centers, and research centers in other words, the school library is also a unit of work that has elements of the organization such as: building (room), resources (collection), perlenkapan and furnishings, the resource man (HR), the budget line. The library elements that must be considered since the school library was opened to optimize the school library in achieving its objectives and functions of the library gave the playanan quality information, the management approach is needed in abundance for the generaly manage an organization that is necessary library management capabilities for management is essentially an activity leads and leadership to achieve organizational goals through careful of planning, good organization, consistent execution, and control to optimize human resources, budget, collections, machinery /equipment, methode/ ways of working, and service effectively and efficiently in order to can not give quality service to its users. Methods: This study used a descriptive method. Results: There were 30 respondents in this study who are the students who visit the library on State State High School 9 Manado. And the results of the study, approximately 10.0% stated Implementation Library Management In Improving Service Quality In State High School Library 9 Manado quite successful and 90.0% stated Implementation Library Mnagement In Improving Service Quality In State high School Library 9 Manado unsuccessful. Suggestion: the manager of the high school library on the Manado State 9 must be professional and leverage in managing the National High School Library 9 Manado based on the principles of library management is good and right.
Key Word : Implementation, library management, Quality service

Abstrak
Implementas Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Perpustakaan SMA Negeri 9 Manado. Pendahuluan: Pendidikan dasar dan menengah bahkan perguruan tinggi merupakan elemen penting bagi pembentukan karakter dan keberhasilan generasi muda pembangunan bangsa di masa yang akan datang. Salah satu elemen dalam menunjang keberhasilan pendidikan dalam upaya untuk mencerdaskan bangsa adalah perpustakaan. Perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan yang berada pada satuan pendidikan formal di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah yang bersangkutan, dan merupakan pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan dengan kata lain perpustakaan sekolah juga merupakan organisasi pendidikan yang merupakan pusat informasi, pusat rekreasi, pusat kebudayaan, pusat belajar, dan pusat penelitian dengan kata lain perpustakaan sekolah juga merupakan satuan unit kerja yang memiliki unsur-unsur organisasi seperti : gedung (ruangan), sumber informasi (koleksi), perlenkapan dan perabotan, sumber daya manusia (SDM), mata anggaran. Unsur-unsur perpustakaan tersebut yang harus diperhatikan sejak perpustakaan sekolah dibuka untuk mengoptimalkan perpustakaan sekolah dalam mencapai tujuan dan fungsi perpustakaan dalam meberikan playanan informasi yang berkualitas, maka diperlukan pendekatan secar manajemen karena pada umumny mengelolah suatu organisasi yaitu perpustakaan diperlukan kemampuan manajemen karena pada hakekatnya manajemen merupakan suatu kegiatan memimpin dan kepemimpinan untuk mencapai tujuan organisasi melalui perencanaaan yang matang, pengorganisasian yang baik, pelaksanaan yang konsisten, dan pengendalian untuk mengoptimalkan sumber daya manusia, anggaran, koleksi, mesin/peralatan, metode/cara kerja, dan pelayanaan secara efektif dan efisien agar dapat meberikan kualitas pelayanan kepada para penggunanya. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif. Hasil: Terdapat 30 responden dalam penelitian ini yang merupakan para siswa yang berkunjung di perpustakaan SMA Negeri 9 Manado. Dan pada hasil penelitian, sekitar 10,0 % menyatakan Implementasi Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Perpustakaan SMA Negeri 9 Manado cukup berhasil dan 90,0% menyatakan Implementasi Mnajement Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Perpustakaan SMA Negeri 9 Manado tidak berhasil. Saran: pihak pengelolah perpustakaan SMA Negeri 9 Manado harus lebih profesional dan maksimal dalam menglolah perpustakaan SMA Negeri 9 Manado berdasarkan prinsip-prinsip manajemen perpustakaan yang baik dan benar.
Kata Kunci: Implemetasi, Manajemen Perpustakaan, Kualitas Pelayanan.

Downloads

Published

2014-11-03

How to Cite

Pattileuw, R. E. (2014). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATAKAN KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 9 MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/5996

Issue

Section

Articles