PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN BADAN PERPUSTAKAAN ARSIP DAN DOKUMENTASI PROVINSI SULAWESI UTARA

Authors

  • Julian Wirano
  • Deetje Silangen Lasut
  • Ardjunius Tabaga

Abstract

Abstract. Profesi pustakawan merupakan pekerjaan professional berbasis teknis yang memiliki otoritas keahlian standar yang sudah ditetapkan. Profesi pustakawan membutuhkan seorang yang menyenangi tugas dan tanggung jawabnya, bermotivasi tinggi, percaya diri, mampu menyelesaikan masalah serta menyenangi kesempurnaan dalam bekerja. Kondisi ini sebenarnya merupakan aset unggulan yang dimiliki organisasi perpustakaan sehingga dapat tampil sebagai penyedia informasi (information provider) atau bahkan sebagai ahli informan (information specialist) yang dibutuhkan oleh masyarakat pengguna. Dalam manajemen sumber daya manusia ada keterkaitan antara faktor psikologis pegawai dengan efektivitas organisasi. Berbagai faktor tersebut antara lain berhubungan dengan kepuasan kerja (user satisfaction), motivasi kerja (work motivation). Hal inilah yang melatar-belakangi penulis untuk meneliti lebih lanjut apakah ada hubungan antara motivasi dan etos kerja atau lebih luas lagi secara praktis yang dikenal dengan kinerja. Penelitian ini dibatasi pada pustakawan, sebab dalam kode etiknya, menyatakan bahwa pustakawan adalah seorang yang melaksanakan tugas dengan jalan memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tugas lembaga induknya berdasarkan ilmu pengetahuan, dokumentasi dan informasi yang dimilikinya melalui pendidikan. Pustakawan adalah seorang yang berkarya secara profesional di bidang perpustakaan dan informasi. Namun hasil penelitian penulis mendapati bahwa ternyata banyak dari sikap dan perilaku kerja dari para pustakawan yang tidak sesuai dengan kinerja yang diharapkan, dengan kata lain hampir tidak nampak motivasi yang mendorong kegiatan kerja.

Beberapa kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah:Jawaban responden terdapat indikator gaji, fasilitas, hubungan dengan pustakawan lain, kesempatan untuk maju dan perolehan dalam bekerja memberikan gambaran bahwa kondisi motivasi pustakawan di Badan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sulawesi Utara cenderung baik.

Downloads

Published

2015-07-07

How to Cite

Wirano, J., Lasut, D. S., & Tabaga, A. (2015). PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN BADAN PERPUSTAKAAN ARSIP DAN DOKUMENTASI PROVINSI SULAWESI UTARA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/8499

Issue

Section

Articles