PERANAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS REMAJA DI KELURAHAN MALALAYANG I KECAMATAN MALALAYANG KOTA MANADO

Authors

  • Beely Jovan Sumakul

Abstract

Communication is an interaction where there are two or more people who are building or exchange information with each other that will eventually come when they understand each other and understand.

Family communication is an organization that uses words, gestures (gesture), voice intonation, action to create hope image, expression of feelings and sharing understanding.

This study aims to find out about how the Family Communication plays a role in shaping the identity of adolescents in Sub Malalayang I Malalayang District of Manado City.

Abstract
Komunikasi adalah proses dimana unsur-unsur yang ada bergerak aktif, dinamis dan tidak statis. Keluarga merupakan unit sosial terkecil yang memberikan fondasi primer bagi perkembangan identitas diri remaja. Proses pertumbuhan dan perkembangan anak, serta pembentukan identitas dirinya, sangat tergantung orang tua. Keluarga merupakan kelompok sosial pertama dalam kehidupan manusia dimana ia belajar dan menyatakan diri sebagai manusia sosial, dalam interaksi dengan kelompoknya.

Komunikasi Keluarga berperan dalam pembentukan identitas remaja di Kelurahan Malalayang I Kecamatan Malalayang Kota Manado. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu komunikasi terlebih komunikasi keluarga.

Seorang ibu ternyata lebih intensif dalam berkomunikasi dalam keluarga di bandingkan suami yang lebih sering berada di luar rumah untuk mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan keluarga.

Intensitas Komunikasi masih sering dilakukan antara orang tua, anak, kakak/adik dan keluarga yang tinggal serumah. Tingkat keharmonisan dalam keluarga masih terasa, walaupun harus diakui tetap ada konflik internal namun masih teratasi dengan komunikasi.

Komunikasi dalam keluarga sangat penting untuk membentuk identitas diri remaja, maka perlu ditingkatkan intensitas komunikasi dalam keluarga.

Downloads

Published

2015-07-07

How to Cite

Sumakul, B. J. (2015). PERANAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS REMAJA DI KELURAHAN MALALAYANG I KECAMATAN MALALAYANG KOTA MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/8502

Issue

Section

Articles