DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE PADA MASYARAKAT Studi Pada Masyarakat Desa Piungun Kecamatan Gamelia Kabupaten Lanny Jaya Papua

Authors

  • Dekinus Kogoya

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Handphone adalah salah satu produk dari teknologi ini yang telah mengubah perilaku komunikasi manusia dengan menembus ruang dan waktu. Orang yang berjarak ribuan kilometer bisa saling berkomunikasi sambil saling menatap lawan bicaranya di dan hanya dengan menggunakan media handphone.

Masyarakat di Desa Piungun Kecamatan Gamelia Kabupaten Lanny Jaya Papua juga sudah merasakan dampak dari penggunaan handphone ini di dalam berkomunikasi dengan kerabat, sanak famili, atau orang-orang yang bahkan berada di daerah lainnya.

Dengan menggunakan metode deskriptif penulis berusaha untuk mengetahui dampak dari penggunaan handphone terhadap masyarakat di desa tersebut.

Hasil penelitian antara lain diketahui bahwa penggunaan handphone memang berdampak positif terhadap masyarakat desa terutama dalam rangka menjaga tetap terjalinnya hubungan komunikasi dengan orang-orang teristimewa kerabat atau famili yang berada jauh di luar daerah. Namun di dalam kapasitas sebagai smartphone dengan berbagai fitur yang dimilikinya sebagai sumber informasi ternyata hal itu belum banyak diketahui pemanfaatannya oleh masyarakat desa.

Downloads

How to Cite

Kogoya, D. (2015). DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE PADA MASYARAKAT Studi Pada Masyarakat Desa Piungun Kecamatan Gamelia Kabupaten Lanny Jaya Papua. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/8622

Issue

Section

Articles