PERANAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMU DI DESA WARUKAPAS KECAMATAN DIMEMBE KABUPATEN MINAHASA UTARA.

Authors

  • Jenifer Watuliu

Abstract

Keluarga adalah lembaga pendidikan informal yang sangat diakui eksistensinya dalam dunia manapun termasuk dunia pendidikan. Peranannya tidak kalah pentingnya dengan lembaga lembaga pendidikan formal lainnya bahkan sebelum anak tersebut dididik melalui lembaga formal yaitu sekolah , dia sudah memperoleh pendidikan awal dari keluarga yakni orang tuanya sendiri yang bersifat koderati. Walaupun sang anak sudah memasuki usia sekolah , tetapi harapan terbesar masih bergantung kepada keluarga atau orang tuanya untuk memberikan pengarahan , pembinaan sekaligus menciptakan suasana kesejukan untuk memberikan gairah belajar kepada anak tersebut di rumah.

Komunikasi keluarga merupakan proses komunikasi yang berlangsung dalam keluarga dimana isi pesan komunikasinya lebih bersifat kekeluargaan , apakah itu menyangkut rencana keluarga , pembinaan dan pendidikan anak anak serta hal hal lain yang pada dasarnya bertujuan untuk mengharmoniskan hubungan anggota keluarga secara keseluruhan, demi terwujudnya keluarga yang sehat jasmani dan sehat rohani. Minat adalah perasaan yang diperoleh karena berhubungan dengan sesuatu.Minat terhadap sesuatu itu dipelajari dan dapat mempengaruhi belajar selanjutnya serta mempengaruhi minat minat baru.Jadi minat terhadap sesuatu merupakan hasil belajardan cenderung mendukung aktivitas belajar selanjutnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan lokasinya adalah desa Warukapas kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa utara.

Kata Kunci : Peranan, Komunikasi Keluarga, Minat Belajar, Siswa

Downloads

How to Cite

Watuliu, J. (2015). PERANAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMU DI DESA WARUKAPAS KECAMATAN DIMEMBE KABUPATEN MINAHASA UTARA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/8623

Issue

Section

Articles