USAHA PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENGGUNA DI BADAN PERPUSTAKAAN, ARSIP DAN DOKUMENTASI PROVINSI SULAWESI UTARA

Authors

  • Ingwer Nomensen Rongalaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui usaha yang dilakukan oleh pustakawan BPAD Prov. Sulut dalam meningkatkan kualitas layanan pengguna serta hambatan yang dihadapi mereka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif. Pengumpulan data dilkukan dengan wawancara dan kajian dokumen. Informan dalam penelitian ini berjumlah 12 (daubelas) orang yang dipilih berdasarkan kriteria yang telah dietapkan, yaitu telah menduduki jabatan pustakawan berdasarkan SK Fungsional Pustakawan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa usaha yang dilakukan oleh pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan yaitu setiap pustakawan berupaya melaksanakan pekerjaannya dengan maksimal sesuai dengan kerangka kerja yang ada, serta dengan memberikan pelayanan yang ramah dan berperilaku baik agar pengguna puas dengan layanan yang diberikan. Selain itu, mendeteksi koleksi yang sering digunakan oleh pengguna dan mana yang tidak, sehingga pustakawan melakukan pengawasan agar perpustakaan dapat mengupayakan untuk melakukan penambahan atau menfotokopi koleksi-koleksi yang sering digunakan.

Hambatan yang dialami oleh pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan antara lain: kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) perpustakaan, sehingga kegiatan pengolahan perpustakaan belum berjalan dengan maksimal; dari lingkungan, koleksi yang tersebar menyebabkan pustakawan sulit untuk bisa merapikan koleksi buku ke dalam rak dengan cepat, sehingga kebutuhan pengguna akan informasi yang cepat dan tepat menjadi terhambat; kurangnya fasilitas dan sarana dan prasarana perpustakaan menjadikan terhambatnya dalam pemberian layanan yang ramah dan baik; keadaan koleksi yang kurang dan sebagian besar koleksi lama menjadi kendala dalam memberikan informasi yang mutakthir kepada pengguna.

Dengan demikian saran yang diajukan untuk pimpinan perpustakaan dan pustakawan BPAD Prov. Sulut yaitu 1.) Perluhnya penambahan Sumber Daya Manusia di Perpustakaan agar kegiatan pengolahan perpustakaan bisa berjalan dengan maksimal; 2.) Untuk meningkatkan kualitas layanan pengguna, hendaknya perpustakaan lebih meningkatkan fasilitas dan sarana dan prasarana yang masi kurang agar layanan yang diberikan perpustakaan lebih maksimal dan lebih berkualitas; 3.) Penambahan koleksi perpustakaan hendaknya selalu dilakukan, serta diukiti dengan perkembangan zaman agar informasi-informasinya selalu terbaru dan kebutuhan pengguna selalu terpenuhi.

Downloads

How to Cite

Rongalaha, I. N. (2015). USAHA PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENGGUNA DI BADAN PERPUSTAKAAN, ARSIP DAN DOKUMENTASI PROVINSI SULAWESI UTARA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/8656

Issue

Section

Articles