MANFAAT PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA UPT PERPUSTAKAAN UNIMA UNTUK TEMU KEMBALI INFORMASI OLEH MAHASISWA FAKULTAS MIPA

Authors

  • Abd Manaf Mamonto
  • Antonius M. Golung

Abstract

Fungsi utama setiap perpustakaan adalah menyediakan dan menyampaikan informasi yang terdapat dalam koleksinya kepada para pemakai yang memerlukannya. Untuk dapat memenuhi fungsinya tersebut, informasi harus dapat dicari dan ditemukan kembali. Proses ini disebut temu kembali informasi. Perpustakaan menyediakan koleksi bahan pustaka karena informasi yang terdapat dalam bahan pustaka tersebut menjadi tujuan para pemakai perpustakaan. Penemuan kembali informasi memberikan kepuasan kepada para pemakai yang mencari informasi, karena perpustakaan mampu menyampaikan informasi yang mereka butuhkan. Mengingat betapa pentingnya pengolahan bahan untuk efektivitas penemuan kembali informasi yang ada di perpustakaan oleh pengguna, maka tentu akan memerlukan penanganan secara optimal dalam arti bahwa setiap bahan pustaka yang masuk di perpustakaan harus diolah sebaik-baiknya, agar setiap informasi yang ada di perpustakaan dapat ditemukan dan dimanfaatkan oleh penggunanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pengolahan bahan pustaka UPT Perpustakaan UNIMA bermanfaat dalam temu kembali informasi bagi mahasiswa.

Penelitian ini dilakukan di UPT Perpustakaan UNIMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Data primer diperoleh melalui hasil jawaban responden pada kuesioner (angket) yang dibagikan kepada responden. Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari data-data yang ada di perpustakaan serta data bahan bacaan yang erat kaitannya dengan judul penelitian. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah mahasiswa Fakultas MIPA UNIMA, yang berkunjung di UPT Perpustakaan UNIMA.

Dari hasil penelitian ternyata antara lain ditemukan bahwa pengelolaan bahan pustaka UPT Perpustakaan UNIMA memiliki manfaat bagi mahasiswa MIPA untuk temu kembali informasi.

Kata Kunci : pengolahan bahan pustaka untuk temu kembali informasi, mahasiswa.

Downloads

How to Cite

Mamonto, A. M., & Golung, A. M. (2015). MANFAAT PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA UPT PERPUSTAKAAN UNIMA UNTUK TEMU KEMBALI INFORMASI OLEH MAHASISWA FAKULTAS MIPA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(5). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/9450

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)