STUDI TENTANG SISTEM KOMUNIKASI DI KALANGAN PREMAN TELING ATAS MANADO

Authors

  • Rendy S. Mandang

Abstract

Di Kota Manado, khususnya di Kelurahan Teling Atas, bukan merupakan sesuatu yang rahasia bahwa di tempat ini, dikenal juga sebagai wilayah “premanâ€. Hal tersebut dikarenakan tingginya tingkat kenakalan remaja dan tindakan kriminalitas anak muda yang terjadi dibandingkan dengan kelurahan lainnya di Kota Manado.

Dari aspek Ilmu Komunikasi studi ini justru ingin mengungkap tentang bagaimana sistem komunikasi yang berlangsung di antara kalangan preman Kelurahan Teling Atas mengingat bahwa potensi terjadinya perkelahian atau tindakan kriminalitas kemungkinan besar diantaranya disebabkan oleh terjadinya miss communication yang berakibat salah pengertian dan berujung pada terjadinya perkelahian atau konflik di antara mereka.

Dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif dan partisipan, penulis menemukan sistem komunikasi yang bersifat repetitif yang menjadi pola komunikasi para preman demi menjaga dan mencegah terjadinya konflik di antara mereka dan demi tetap utuhnya hubungan pertemanan di antara mereka.

Kata kunci: preman, sistem komunikasi

Downloads

How to Cite

Mandang, R. S. (2015). STUDI TENTANG SISTEM KOMUNIKASI DI KALANGAN PREMAN TELING ATAS MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(5). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/9452

Issue

Section

Articles