MAANFAAT PENDIDIKAN PEMAKAI DALAM PENGGUNAAN KATALOG UPT PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI MANADO OLEH MAHASISWA

Authors

  • Siddiq Hamdjah
  • A. M. Golung
  • Deasy M.D. Warouw

Abstract

Perpustakaan Politeknik Negeri Manado adalah perpustakaan yang mengemban misi pendidikan yang bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Pada dasarnya perpustakaan perguruan tinggi sebagai unit pelaksana teknis dibidang perpustakaan mempunyai tugas memberikan pendidikan pemakai kepada civitas akademika, terutama mahasiswa. Oleh sebab itu semakin baik perpustakaan memberikan pendidikan pemakai bagi civitasnya, semakin tinggi peranan perpustakaan tersebut. Untuk itu upaya peningkatan pendidikan pemakai perpustakaan dalam rangka penggunaan katalog harus turut menjadi agenda utama pihak pengelola perpustakaan. Dengan harapan agar benar-benar pendidikan pemakai perpustakaan dapat berperan secara maksimal dalam menunjang proses belajar mahasiswa.

Begitu pula halnya UPT Perpustakaan Politeknik Manado sebagai pengembang martabat ilmiah Politeknik Manado berupaya menjalankan peran yang semaksimal mungkin dalam mengunakan katalog. Namun dibalik semua itu kembali juga pada mahasiswa itu sendiri untuk menyadari manfaat pendidikan pemakai perpustakaan, sebab pengguna adalah faktor utama dalam kegiatan pendidikan pemakai karena melalui pengguna (mahasiswa) tercermin berfungsi atau tidaknya suatu pendidikan pemakai.

Dalam penelitian ini penulis menngunakan metodologi penelitian deskriptif. Dengan melakukan penjaringan data secara langsung di lapangan (pada saat mahasiswa berkunjung dan beraktifitas di dalam perpustakaan).

Hasil penelitian terhadap 30 responden menunjukan bahwa ternyata UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Manado telah menunjukan peran dan manfaatnya dalam penggunaan katalog oleh mahasiswa.

Kata Kunci: pendidikan pemakai, katalog, perpustakaan, mahasiswa

Downloads

How to Cite

Hamdjah, S., Golung, A. M., & Warouw, D. M. (2015). MAANFAAT PENDIDIKAN PEMAKAI DALAM PENGGUNAAN KATALOG UPT PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI MANADO OLEH MAHASISWA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(5). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/9454

Issue

Section

Articles