PERANAN OPINION LEADER DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT UNTUK MENUNJANG PROGRAM BERSIH ECENG GONDOK DANAU TONDANO

Authors

  • Gledis Jeinlef Manopo

Abstract

Gledis Jeinlef Manopo, 090815027, mahasiswa (1) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi. Penelitian ini berjudul “ Peranan Opinion Leader dalam meningkatkan partisipasi Masyarakat untuk menunjang program bersih eceng gondok danau Tondanoâ€. Dibawah bimbingan dari Dra. D.D.V Kawengian, Msi sebagai dosen pembimbing pertama (1) dan E.R. Kalesaran, S.Sos, M.I.Kom sebagai dosen pembimbing kedua (2).

Peranan Opinion Leader Dalam Menunjang Program Bersih Eceng Gondok Danau Tondano), bermaksud untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi yang dilakukan opinion leader dalam mengajak masyarakat untuk mendukung dan berpartisipasi dalam program bersih eceng gondok tersebut, bentuk-bentuk komunikasi yang dilakukan opinion leader serta pendekatan-pendekatan komunikasi yang dilakukan opinion leader untuk berpatisipas dalam program tersebut. dengan melibatkan 9 (sembilan) orang responden yaitu para opinion leader antara lain pemuka masyarakat dari berbagai latar belakang, pemuka adat, tokoh agama, tokoh pemuda, PNS, guru dll. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan quisioner dengan menjalankan angket serta teknik analisis data deskriptif dengan presentase. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana Peranan Opinion Leader Dalam Menunjang Program Bersih Eceng Gondok Danau Tondano.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang ada, maka yang dapat disimpulkan dalam penelitian ini sehubungan dengan Peranan Opinion Leader Dalam Menunjang Program Bersih Eceng Gondok Danau Tondano adalah sebagai berikut : (1). Secara keseluruhan peranan opinion leader dalam meningkatkan partisispasi masyarakat dalam menunjang program eceng gondok disimpulkan cukup baik. (2).Dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menunjang program bersih eceng gondok opinion leader menggunakan verbal communications dan menggunakan non verbal communications. (3). Peranan opinion leader dalam meningkatkan partisipasi masyarakat juga dilakukan melalui pendekatan komuniksi kelompok antara lain melalui kelompok pemuda, sekolah ,agama dan nelayan. (4). Komunikasi persuasife menjadi cara yang paling sering digunakan opinion leader dalam meningkatkan partisipasi masyarakat guna menunjang program bersih eceng gondok danau tondano tersebut.

Downloads

Published

2013-02-01

Issue

Section

Articles