PENGARUH IKLAN KOMERSIAL DI RADIO TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT KELURAHAN BAHU

Authors

  • Jessica Christiana Wowor

Abstract

PENGARUH IKLAN KOMERSIAL DI RADIO TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT KELURAHAN BAHU KOTA MANADO judul ini diambil dengan maksud untuk mengetahui apakah ada pengaruh iklan komersial di radio terhadap perilaku konsumtif masyarakat kelurahan Bahu kota Manado. Penelitian ini dilakukan berdasarkan teori stimulus-organism-responsive yang kemudian dilanjutkan dengan teori AIDA.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kuantitatif dengan analisis data chi-square untuk mencari hubungan berdasarkan nilai nominal. Dikarenakan jumlah penduduk atau populasi dari masyarakat kelurahan Bahu lebih dari 1000 orang, maka ditarik sampel berdasarkan rumus dari Taro Yamane dengan nilai tingkat presisi ditentukan adalah sebesar 1% (0,01). Setelah dilakukan perhitungan berdasarkan analisis chi-square, maka telah didapat hasil x²uji = 49,73. Setelah itu, dibandingkan dengan x²tabel berdasarkan derajat kebebasan senilai 2 di mana chi square tabel 9’21. Hal ini dapat dilihat bahwa x²uji > x²tabel. Selanjutnya dilakukan pembandingan antara koefisien kontingensi sebesar 0,57 dengan koefisien kontigensi maksimum sebesar 0,71 maka didapatlah indeks kekuatan hubungan sebesar 0,80 yang artinya memiliki hubungan yang sangat kuat.

Berdasalkan hasil penelitian yang sudah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa iklan komersial di radio berpengaruh terhadap perilaku konsumtif masyarakat kelurahan Bahu kota Manado. Berdasarkan teori S-O-R yang dihubungkan dengan teori AIDA, di mana iklan sebagai stimulus mampu menarik perhatian dari masyarakat yang selanjutnya tertarik untuk membeli produk yang sudah diiklankan jelas hubungannya antara iklan komersial yang didengar melalui radio berpengaruh terhadap perilaku konsumtif yang dimiliki oleh masyarakat Bahu.


Melihat hasil penelitian di atas maka saran dari penelitian adalah agar masyarakat dapat lebih selektif lagi dalam mendengarkan iklan di radio dan sebaiknya tahu memilah-milah apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan agar tidak berbelanja secara konsumtif.

Downloads

Issue

Section

Articles