STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. TELKOMSEL BRANCH MANADO DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN

Authors

  • Agnes Datuela

Abstract

Agnes Datuela, 090815057, Program Strata Satu (S1) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi, Skripsi ini berjudul “Strategi PublicRelations PT.Telkomsel Branch Manado Dalam Mempertahankan Citra Perusahaanâ€.Di bawah bimbingan Dra. Norma Nofitje Mewengkang, M.Si, selaku dosen pembimbing satu (1), dan Leviane Jackelin Hera Lotulung, S.Sos., M.I.Kom selaku dosen pembimbing dua (2).

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan strategi yang digunakan oleh public relations PT. Telkomsel branch Manado dalam membangun citra perusahaan. Dipilihnya public relations PT. Telkomsel branch Manado sebagai subjek penelitian dikarenakan banyaknya pengguna provider ini di kota Manado yang juga banyak memiliki komplain. Oleh karena itu sebagai salah satu provider terbaik di Indonesia, perusahaan ini memiliki beban yang cukup berat untuk bisa mempertahankan citra yang positif.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif murni. Subjek penelitian ini adalah divisi public relations PT. Telkomsel branch Manado. Sedangkan objek penelitiannya strategi divisi ini dalam mempertahankan citra perusahaan. Informan penelitian ini dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam (indepth interview) dengan menggunakan pedoman wawancara, studi pustaka dan dokumentasi.

Data hasil penelitian yang telah dikumpul sepenuhnya dianalisis secara deskriptif dan analisis data dilakukan untuk mendapat kejelasan terhadap suatu kebenaran atau sebaliknya, sehigga memperoleh gambaran baru ataupun menguatkan suatu gambaran yang sudah ada atau sebaliknya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa public relations PT. Telkomsel branch Manado telah berhasil menjalankan tugas-tugasnya dan strategi-strateginya yakni pull, push dan passstrategy dalam mempertahankan citra perusahaannya.

Downloads

Issue

Section

Articles