POLA KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MAHASISWA PAPUA DI LINGKUNGAN DI LINGKUNGAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SAM RATULANGI

Authors

  • Nabella Rundengan

Abstract

Nabella Rundengan, 090815004, mahasiswi (S1) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi. Skripsi ini berjudul “Pola Komunikasi Antarpribadi Mahasiswa Papua di Lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangiâ€. Di bawah bimbingan dari Dra. D. M. D. Warouw, M.Si sebagai dosen pembimbing pertama (1) dan Dra. J. Pasoreh, M.Si sebagai dosen pembimbing kedua.

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan pola komunikasi antarpribadi mahasiswa Papua dengan mahasiswa Manado di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado. Dipilihnya mahasiswa Papua sebagai subjek penelitian dikarenakan mereka sangat sulit untuk melakukan proses komunikasi khususnya dengan mahasiswa Manado. Padahal ketika seseorang datang ketempat yang asing, mereka harus dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah mahasiswa Papua yang melanjutkan studinya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi. Sedangkan objek penelitian adalah pola komunikasi antarpribadi mereka dengan mahasiswa Manado. Informan penelitian dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam (indepth interview) dengan menggunakan pedoman wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Data hasil penelitian yang telah dikumpul sepenuhnya dianalisis secara kualitatif dan analisis data dilakukan setiap saat pengumpulan data di lokasi penelitian secara berkesinambungan.

Pengecekan keakuratan data menggunakan teknik triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Papua sulit untuk melakukan proses komunikasi secara tatap muka dengan mahasiswa Manado. Mereka sulit dalam menggunakan simbol-simbol untuk mempresentasikan apa yang mereka maksudkan ketika berkomunikasi baik secara verbal maupun non-verbal. Oleh karena itu, pola komunikasi yang didapat dari hasil penelitian ialah pola komunikasi primer. Yakni suatu proses penyampaian oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan simbol-simbol sebagai media atau saluran namun tidak berjalan dengan efektif karena mengalami beberapa hambatan yang mengakibatkan sulit terjalinnya proses komunikasi, atau tidak adanya feedback dari komunikan (mahasiswa Manado) ke komunikator (mahasiswa Papua).

Downloads

Issue

Section

Articles