MANAJEMEN PROGRAM SIARAN DIALOG INTERAKTIF DI KANTOR RRI MANADO

Authors

  • Ruth Debora Massie

Abstract

Ruth Debora Massie, 090815001, mahasiswi (S1) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi. Penelitian ini berjudul “Manajemen Program Siaran Dialog Interaktif di Kantor RRI Manadoâ€. Dibawah bimbingan dari Drs. Philep. Morse. Regar, MS sebagai dosen pembimbing pertama (1) dan Dra. N. N. Mewengkang, MSi sebagai dosen pembimbing kedua.

Sebuah proses manajemen dibutuhkan untuk dapat mengatur/mengontrol jalannya siaran, mulai dari merencanakan kegiatan siaran, mengorganisasikan orang-orang yang handal dalam bidangnya sesuai kebutuhan, menggerakkan sumber daya yang dimiliki, dan mengawasi segala aktivitas proses pelaksanaan siaran.Tujuan penelitian ini untu kmengetahui tentang penerapan fungsi-fungsi manajemen pada program siaran Dialog Interaktif di kantor RRI Manado.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.Metode ini dipilih dengan tujuan untuk dapat lebih menggambarkan mengenai fungsi-fungsi manajemen yang diterapkan dalam program siaran radio. Yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala RRI Manado, bidang pemberitaan, siaran, dan teknik studio RRI, dan 2 orang pendengar sebagai informan pendukung. Data dikumpulkan melalui wawancara, studi pustaka, dan internet searching, selanjutnya menganalisa hasil penelitian dilakukan untuk dapat memperoleh jawaban atas penelitian yang dilakukan dan berusaha untuk membuahkan suatu kerangka pikir.

Hasil penelitian menunjukkan bahwaManajemen Program Siaran Dialog Interaktif di Kantor RRI Manado sudah berjalan dengan baik, dari segi fungsi manajemen, yaitu Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakkan (Actuating) dan Pengawasan (Controlling). Dari segi Tools of Managemen tatau Sarana Manajemen yang ada juga dimanfaatkan sesuai dengan porsinya masing - masing.

Downloads

Issue

Section

Articles