EFEKTIVITAS KOMUNIKASI KELUARGA PADA ANAK-ANAK PENGGELUT DUNIA MODELING (STUDI PADA MASYARAKAT DI KELURHAN BAHU)

Authors

  • Olivia N E Maringka

Abstract

Olivia N. E. Maringka, 090815005, mahasiswi (S1) jurusan Ilmu Komunikasi, fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado. Skripsi ini berjudul “Efektivitas Komunikasi Keluarga Pada Anak-anak Penggelut Dunia Modeling (Studi Pada Masyarakat Di Kelurahan Bahu)†di bawah bimbingan Drs. R. paputungan, M.Si. dan Drs. Anthonius M. Golung, SIP, M.Si. sebagai dosen pembimbing.

Yang melatar belakangi penulis mengambil judul ini karena di kelurahan Bahu peneliti melihat fenomena-fenomena yang terjadi pada keluarga yang anak-anaknya menggeluti dunia modeling. Orang tua yang mengikutsertakan anaknya ke dunia modeling ingin anak-anak mereka terkenal dan diakui oleh masyarakat umum. Tidak hanya itu orang tua juga terlihat selalu ingin anaknya menjadi pemenang dari setiap show untuk meperoleh hadiah. Kebutuhan akan pendidikan dan jam bermain anak mulai terabaikan karena disibukkan dengan kegiatan yang padat. Peran orang tua sangat berpengaruh bagi perkembangan psikologis anak. Orang tua yang menjalankan perannya dengan baik tentu saja akan memberikan dampak yang baik bagi anak dan demikian pula sebaliknya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi keluarga pada anak-anak penggelut dunia modeling. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pemilihan informan sebanyak 10 orang karena dianggap sebagai ukuran memadai untuk studi fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara mendalam, yakni data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam. Observasi dilakukan secara nonpartisipan sedangkan wawancara dilakukan secara terbuka dan tidak berstrukur pada setiap informan. Data yang didapatkan dianalisis melalui tiga alur yaitu reduksi data (proses penyeleksian, pemfokusan, penyederhanaan, hasil wawancara), sajian data dan penarikan kesimpulan.

Dari hasil penelitian didapat bahwa komunikasi antara orang tua dan anak-anak penggelut dunia modeling maupun sebaliknya antara anak dan orang tua berjalan efektiv. Hal ini karena setiap orang tua ataupun setiap anak dapat menjalankan perannya masing-masing sesuai dengan teori peranan dari komunikasi interpersonal. Dalam hal ini orang tua mampu menjadi stimulator bagi pengembangan kemampuan anak untuk mencapai prestasi di sekolah dan di masyarakat. Walaupun prestasi di sekolah sedikit terabaikan namun harus diakui peran orang tua dapat membawa anak meraih prestasi di bidang modeling. Orang tua juga mampu berperan sebagai pemberi rasa aman bagi anak. Sebaliknya, walaupun terdapak banyak hambatan, anak-anak dapat dikatakan berhasil menjalankan perannya karena dari hasil penelitian anak-anak tetap bertahan dengan apa yang digelutinya yakni modeling.

Downloads

Issue

Section

Articles