PERANAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PEMIMPIN PEMUDA DALAM MENINGKATKAN MINAT BERIBADAH PEMUDA GMIM SION WAREMBUNGAN

Authors

  • Angie Indria Kalesaran
  • Ferry koagouw

Abstract

Penelitian ini dengan judul “Peranan Komunikasi Antarpribadi Pemimpin Pemuda Dalam Meningkatkan Minat Beribadah Pemuda Gmim Sion Warembunganâ€, bermaksud untuk mengkaji secara mendalam permasalahan penelitian ini yaitu tentang bagaimana peranan komunikasi antarpribadi pemimpin pemuda dalam meningkatkan minat beribadah Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan kerangka teori adalah teori interaksi simbolik (George Herbert Mead 1934). Dengan teknik pengumpulan data menjalankan quisioner.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1).Bentuk komunikasi yang sering digunakan adalah komunikasi antarpribadi, komunikasi kelompok, dengan pendekatan persuasif selalu digunakan kaitannya dengan meningkatkan minat beribadah pemuda di jemaat Gmim Sion Warembungan. (2).Pendekatan komunikasi instruksional masih kurang di gunakan guna meningkatkan minat beribadah pemuda yang ada di jemaat Gmim Sion Warembungan tersebut. (3). Situasi dan suasana komunikasi yang terbuka, santai sangat sering terjadi dalam interaksi komunikasi antara pimpinan pemuda dengan pemuda lainnya, berkaitan dengan bagaimana meningkatkan minat beribadah pemuda di jemaat Gmim Sion Warembungan. (4). Media atau saluran yang sangat banyak digunakan pemimpin pemuda berkaitan dengan meningkatkan minat beribadah pemuda di jemaat Gmim Sion Warembungan adalah media bbm, sms, jejaring sosial; Facebook, whatsup dll, sedangkan website belum terlalu di manfaatkan. Saran penelitian adalah (1).Peranan komunikasi antarpribadi pemimpin pemuda dalam meningkatkan minat beribadah pemuda di jemaat Gmim Sion Warembungan dapat perlu ditingkatkan lebih optimal lagi dengan memanfaatkan secara penuh berbagai macam pendekatan bentuk komunikasi. (2).Pemimpin pemuda perlu membuat strategi komunikasi yang lebih tepat lagi guna meningkatkan minat beribadah pemuda gereja, dalam kaitannya mengantisipasi pengaruh-pengaruh perkembangan modernitas yang begitu kompleks yang mulai berkembang di Manado dan Sulut, antarlain gaya hidup modern, kecanggihan teknologi yang bisa mengganggu keyakinan pemuda untuk selalu beribadah.

Kata Kunci : Peranan, Komunikasi, antarpribadi

Downloads

How to Cite

Kalesaran, A. I., & koagouw, F. (2015). PERANAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PEMIMPIN PEMUDA DALAM MENINGKATKAN MINAT BERIBADAH PEMUDA GMIM SION WAREMBUNGAN. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(5). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/9877

Issue

Section

Articles