TANGGAPAN MASYARAKAT WAJIB PAJAK KELURAHAN PAKOWA TERHADAP IKLAN PAJAK YANG DI TAYANGKAN DI SIARAN TELEVISI TRANS 7

Authors

  • Vegatia Kainde
  • Desie M. D. Warouw
  • Ridwan Paputungan

Abstract

Membayar pajak adalah suatu kewajiban seorang warga negara yang baik. Membayar pajak sangat penting karena dari pajaklah antara lain negara dapat memperoleh dana untuk membiayai pelaksanaan pembangunan dan membayar gaji pegawainya.

Dalam kenyataannya banyak warga negara yang tidak taat dan lalai di dalam membayar pajak. Itulah sebabnya sehingga pemerintah berupaya untuk melaksanakan himbauan baik melalui tatap muka di depan masyarakat lewat aparat pemerintahan di desa-desa atau kelurahan, maupun lewat media massa seperti surat kabar atau media elektronik seperti radio dan televisi.

Trans 7 merupakan salah satu stasiun TV milik swasta yang dimanfatkan pemerintah untuk menayangkan iklan pajak dengan maksud untuk mengingatkan masyarakat selaku wajib pajak agar dapat melaksanakan kewajibannya untuk tidak lalai membayar pajak.

Melalui pendekatan deskriptif dengan menggunakan teori S-O-R (stimulus-organism-respons) maka hasil penelitian menyimpulkan bahwa tayangan iklan pajak di Trans 7 sangat informatif yang dapat mendorong masyarakat Keelurahan PakowaLingkungan VI Kota Manado untuk membayar pajak. Meskipun demikian hasil penelitian juga memperlihatkan bahwa keinginan masyarakat Pakowa untuk membayar pajak tidak semata-mata ditentukan oleh tyangan tersebut, namun juga bergantung dari besar kecilnya pendapatan masyarakat. Masyarakat yang penghasilannya pas-pasan bahkan tidak dapat menaati sepenuhnya himbauan iklan tersebut.

Kata kunci: tanggapan masyarakat, iklan pajak.

Downloads

How to Cite

Kainde, V., Warouw, D. M. D., & Paputungan, R. (2015). TANGGAPAN MASYARAKAT WAJIB PAJAK KELURAHAN PAKOWA TERHADAP IKLAN PAJAK YANG DI TAYANGKAN DI SIARAN TELEVISI TRANS 7. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(5). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/9892

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>