TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA PUNCAK TETETANA DESA SULUAN KECAMATAN TOMBULU KABUPATEN MINAHASA (The Level of Visitor Satisfaction of Tetetana Peak Tourism Attraction at Suluan Village of Tombulu District, Minahasa Regency)

Authors

  • Jesica Tambuwun Universitas Sam Ratulangi
  • Caroline B. D. Pakasi Universitas Sam Ratulangi
  • Rine Kaunang Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35791/agrirud.v1i4.27636

Abstract

The purpose of this study was to measure the level of satisfaction of visitors in the Tetetana Peak, Suluan Village, Tombulu District, Minahasa Regency. This research was conducted in 3 months, starting from August to October 2019. The data used in this study were primary data,  obtained directly from selected visitors (respondents) using a questionnaire. The results of this study showed that visitor satisfaction index was 78.72%  which falled in the satisfied category.

Keywords: Level of Satisfaction, Tourist Attraction, Visitor, Tetetana

Author Biographies

Jesica Tambuwun, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi

Caroline B. D. Pakasi, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi

Rine Kaunang, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi

References

Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan, (2008) Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Dwi Prasetyo, 2009 Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Taman Rekreasi Pantai Kartini Rembang, Universitas Negeri Semarang. Skripsi.

Kirom, 2009. Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Pustaka Reka Cipta. Jakarta.

Kotler, Philip, 2014. Marketing Management, 11th Edition Printice Hall Int’l. New Jersey.

Sabarguna BS. 2004. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Yogyakarta : Konsorsium.

Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan pelanggan. Penerbit PT Rineka Cipta. Jakarta

Susilowati, Mutiara Indah. 2009. Valuasi Ekonomi Manfaat Rekreasi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda dengan Menggunakan Pendekatan Travel Cost Method. Skripsi. Jurnal Ilmiah Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Diakses tanggal 7 April 2019 Pukul 16.00.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Pendit, Nyoman S. 2003. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta :

Ratu Meygi, 2019. Tingkat Kepuasan Pengunjung Objek Wisata D’Moaat Di Desa Moaat Kec.Moaat Kab.Bolaang Mongondow Timur, Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Unsrat. Skripsi

Tarigan, Robinson. 2004. Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.

Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT Indeks.

Yoeti 2008. Ekonomi Pariwisata: Introduksi, Informsi, dan Implementasi. Jakarta. Penerbit Buku Kompas.

Downloads

Published

2020-01-24

How to Cite

Tambuwun, J., Pakasi, C. B. D., & Kaunang, R. (2020). TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA PUNCAK TETETANA DESA SULUAN KECAMATAN TOMBULU KABUPATEN MINAHASA (The Level of Visitor Satisfaction of Tetetana Peak Tourism Attraction at Suluan Village of Tombulu District, Minahasa Regency). Journal of Agribusiness and Rural Development (Jurnal Agribisnis Dan Pengembangan Pedesaan), 2(1). https://doi.org/10.35791/agrirud.v1i4.27636